Bantu Anggota KODIM 1206 Isi Efiling

SOSIALISASI: Kepala KP2KP Putussibau Fakhrudin Triwibowo memberikan sosialisasi E Filling kepada Anggota KODIM 1206 Putussibau. IST

PUTUSSIBAU—Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Putussibau memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu di bawah satuan Komando Distrik Militer (KODIM) 1206 Putussibau, Kamis (30/1).

Materi yang dibawakan dalam kegiatan yang bertempat di aula Kodim 1206 ini adalah terkait tata cara pengisian dan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak penghasilan (PPh) Orang Pribadi melalui saluran efiling.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Infanteri Agus Jailani berharap agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh anggotanya untuk memenuhi kewajiban serta menambah wawasan mengenai ketentuan perpajakan. “Selain itu, ini dilakukan karena perlu ditekankan bahwa kewajiban pelaporan SPT Tahunan ini adalah kewajiban bagi masing-masing pribadi atau anggota, bukan kewajiban juru bayarnya,” tambahnya saat memberi sambutan di awal kegiatan.

Di sela kegiatan, Kepala KP2KP Putussibau Fakhrudin Triwibowo mengatakan yang pertama perlu disiapkan dalam pelaporan SPT Tahunan ini adalah formulir bukti potong yang telah diisi dan dibagikan oleh juru bayar atau bendaharawan. “Kemudian selain daftar penghasilan yang sudah tertera pada bukti potong, kita juga perlu menyiapkan daftar harta dan utang atau kewajiban serta daftar anggota keluarga yang menjadi tanggungan kita apabila ada,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Fakhrudin berharap agar Anggota TNI yang hadir dapat turut menyebarkan informasi dan wawasan yang telah disampaikan dalam kegiatan ini kepada rekan anggota yang lain serta masyarakat pada umumnya. “Khususnya terkait pelaporan SPT Tahunan ini, karena walaupun batas akhir pelaporan masih pada 31 Maret, akan lebih baik apabila masyarakat yang sudah memiliki NPWP dapat melaporkannya lebih awal,” jelasnya.

Fakhrudin juga berharap agar baik pegawai KP2KP Putussibau dan Anggota KODIM 1206 ini dapat bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat pada umumnya terkait manfaat pajak bagi masyarakat itu sendiri. “Mudah-mudahan kita bersama-sama juga semakin baik dalam memberi pemahaman ke masyarakat. Karena pajak yang walaupun tidak memberi imbalan secara langsung, tapi pasti akan memberikan manfaat nyata bagi kehidupan masyarakat kita dalam berbagai macam hal,” pungkasnya di akhir kegiatan. (r/*)

error: Content is protected !!