Bantu Bendahara Desa Hitung Pajak

BIMTEK: Pegawai KP2KP Nanga Pinoh sedang melaksanakan bimtek peghitungan pajak kepada bendahara desa. IST

KP2KP Nanga Pinoh Gelar Bimtek

NANGAPINOH – Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nanga Pinoh menyelenggarakan penyuluhan tentang hak dan kewajiban perpajakan bendahara desa, Selasa (19/11). Peserta penyuluhan adalah Bendahara Desa Kecamatan Pinoh Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pinoh Selatan ini dihadiri oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Melawi.

Pada pembukaan, Pelaksana Tugas Camat Pinoh Selatan, Seplek Murjono menyampaikan soal pentingnya pajak bagi bangsa. Pihak kecamatan selalu mengingatkan jangan sampai desa-desa di wilayah kerjanya bermasalah dalam pembayaran pajak. “Di setiap forum atau rapat, selalu kita ingatkan tentang kewajiban (bayar) pajak ini,” tegas Seplek.

Kegiatan ini berupa bimbingan teknis (bimtek) perhitungan pajak. Awang Rahargo, pegawai KP2KP Nanga Pinoh mengatakan, “Nanti para kepala desa dan bendaharanya, masing-masing akan mendapatkan sesi konsultasi dengan para petugas pajak yang ada di sini. Jadi langsung saja nanti ditanyakan apa yang masih menjadi kendala.”

Pengenaan Pajak Dana Desa terdiri atas Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penghasilan yang nanti akan dikalikan tarif sesuai dengan objek pajaknya. Syamsuri, auditor Inspektorat Daerah Kabupaten Melawi mengatakan, acara ini sangat bermanfaat karena para bendahara desa dapat belajar banyak tentang pengenaan Pajak Dana Desa.

“Acara ini adalah momentum bagi para bendahara desa untuk bisa menggali pengetahuan tentang pajak penggunaan Dana Desa. Mana yang terutang dan terutang dengan tarif berapa. Dengan adanya acara ini semoga mereka bisa lebih taat dalam kewajiban perpajakannya,” kata Syamsuri. (*)

loading...