Bantu Bendahara Desa Laksanakan Kewajiban Perpajakan

ASISTENSI: Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Andi Apuansyah sedang melakukan asistensi perhitungan pajak dengan Pegawai KP2KP Nanga Pinoh | IST

MELAWI—Bendahara desa se-Kecamatan Tanah Pinoh Barat, Kabupaten Melawi mendapat edukasi dan dialog perpajakan atas pemanfaatan dana desa, Kamis (16/10).

Materi disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nanga Pinoh Dedy Agus Prabowo. Dalam kesempatan ini, Dedy membawa tiga orang pelaksana dan satu orang Account Representative (AR) KPP Pratama Sintang Singgih Dwi Jatmiko, untuk membantunya dalam mengisi materi di kegiatan kali ini.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Andi Apuansyah. Andi menyatakan rasa terima kasih kepada tim dari KP2KP Nanga Pinoh karena sudah mengadakan kegiatan ini. “Kami sangat berterima kasih karena sudah datang jauh-jauh ke Tanah Pinoh Barat. Semoga rekan-rekan bendahara desa bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya,” ujar Andi.

Sementara Kepala KP2KP Nanga Pinoh mengatakan bahwa tujuannya untuk mengadakan kegiatan ini adalah membantu para bendahara desa melaksanakan kewajiban perpajakannya. Salah satu materi yang disampaikan yaitu tentang kewajiban menyetor dan melapor pajak.

“Setiap pembelian barang atau jasa oleh bendahara desa yang terutang pajak, maka timbul kewajiban untuk menyetor pajak, serta pajak yang telah disetor harus dilaporkan juga dalam bentuk SPT Masa,” jelas Dedy. ”Saya yakin bendahara desa sudah paham masalah tarif. Tinggal masalah objek mana saja yang kena pajak,” tambahnya lagi.

Dedy berharap para bendahara desa dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik dan benar. Dedy juga menyampaikan kepada para bendahara desa apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan terkait pajak dana desa, bisa langsung datang dan berkonsultasi di KP2KP Nanga Pinoh. “Karena memang tugas kami adalah mengedukasi teman-teman (bendahara desa). Jangan sungkan untuk datang dan berkonsultasi dengan kami,” kata Dedy. (r/*)

Read Previous

Diet untuk Buah Hati

Read Next

Fenomena Gerhana Matahari Cincin di Singkawang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *