Bantu Pemakaman Warga Perbatasan

BANTU WARGA: Personil dari Satgas Pamtas Yonif 133/YS bantu masyarakat tandu peti jenazah melewati anak sungai. ISTIMEWA 

SINTANG – Tiga personel Pos Sei Kelik SSK III Satgas Pamtas RI-Mly Yonif 133/YS ikut membantu proses pemakaman warga parbatasan di Dusun Semujan, Desa Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Tengah, kemarin.
Dansatgas Pamtas RI-Mly Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos, dalam keterangan berujar, bantuan ini untuk meringankan duka dari pihak keluarga.

“Bantuan dari personel yang dipimpin Wadanpos Sei Kelik, Serda M Rizky Aldo itu sebagai wujud kepedulian TNI, di samping sebagai upaya untuk meringankan duka pihak keluarga,” ucap Letkol Hendra.
Proses pemakaman terhadap Juha, seorang perempuan Nasrani yang meninggal dunia di usia 72 tahun pada Jumat (28/2) kemarin, dilakukan personel Pos Sei Kelik secara totalitas.

“Personel kita ikut membantu mulai dari mengangkat peti jenazah dari rumah duka menuju lokasi pemakaman, hingga kepada membantu membuat liang lahat dan menguburkan jenazah,” terang Hendra.
Bantuan proses pemakaman secara totalitas yang diberikan personel Satgas Yonif 133/YS ini, lanjut Hendra, juga sebagai bentuk turut berduka cita dan rasa belasungkawa kepada pihak keluarga.

“Kehadiran Satgas Yonif 133/YS di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat tidak hanya untuk menjaga kedaulatan negara, tetapi juga ikut mengatasi kesulitan-kesulitan warga, sehingga akan terbangun Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” pungkas Hendra.

Sementara, perwakilan dari keluarga almarhumah Juha mengaku sangat bersyukur telah mendapat bantuan Prajurit TNI dari Satgas Yonif 133/YS.

“Dengan adanya bapak-bapak TNI, proses mengantarkan jenazah keluarga kami ini ke tempat pemakaman bisa berjalan lancar. Padahal, jalan yang dilalui harus masuk hutan dan melintasi anak sungai. Belum lagi membuat liang lahat. Mungkin, tanpa bantuan bapak-bapak TNI, semua proses pemakaman tidak akan selesai secepat ini,” ungkap perwakilan keluarga, Juha.

“Sekali lagi, hanya ucapan terima kasih yang dapat kami sampaikan dan doa, semoga TNI akan terus mencintai dan melindungi Rakyat Indonesia,” pungkasnya. (fds)

loading...