Bantu Petani Rp30 Juta Perhektare

REPLANTING: Kepala Dinas Bunnak Kabupaten Sanggau Syafriansyah didampingi Camat Tayan Hulu Nico Martoyo saat menghadiri launching Tumbang Chipping Program CSR di KUD Kapetha, Senin (11/1). SANGGAU.GO.ID

SOSOK – Program Peremajaan Sawit Rakyat atau PSR terus dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau, dalam rangka membantu petani kelapa sawit, dengan memberikan dana hibah sebesar Rp30 juta per hektar setiap petani. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Bunnak) Kabupaten Sanggau, Syafriansyah memberi penekanan mengenai penggunaan dana yang harus transparan, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Dana ini juga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Seefektif dan seefisien mungkin. Dana ini nantinya harus dipertanggungjawabkan dan akan diaudit mengenai penggunaannya sehingga harus benar-benar dimanfaatkan untuk kegiatan replanting dan tidak boleh menyimpang,” jelasnya, Senin (11/1) seperti dilansir dari sanggau.go.id.

Salah satu Koperasi Unit Desa (KUD) yang mengikuti program PSR yakni KUD Kapetha. Selaku ketua, FX. Damsuki mengatakan, untuk kegiatan replanting setiap petani mendapatkan dana hibah sebesar Rp30 juta rupiah per hektar dan dana tersebut tidak dapat dikembalikan.

“Untuk petani swadaya di bawah naungan KUD Kapetha saat ini sudah bermitra dengan pabrik, sehingga untuk penjualan sudah menggunakan harga indeks yang berlaku,” katanya.

Rencananya, lanjut dia, dalam pelaksanaan replanting, sembari menunggu tanaman kelapa sawit berproduksi, maka petani menanam jagung dan akan bekerja sama dengan Yayasan Kapital Indonesia, sehingga petani tetap bisa memiliki pendapatan dari penjualan tanaman jagung. “Untuk kegiatan Replanting ini menggunakan benih kelapa sawit Sriwijaya 5,” ujar dia.

Sementara itu, Camat Tayan Hulu, Nico Martoyo mengapresiasi program PSR dan meminta masyarakat agar memanfaatkan program tersebut dengan sebaik-baiknya. Sehingga dana tersebut, diakui dia, tidak disia-siakan.

“Harus sinergi juga antara petani dan koperasi. Jalin hubungan yang harmonis,” harapnya. (sgg)

error: Content is protected !!