Bantuan Terus Mengalir untuk Lebek Adam

BANTUAN: Kapolsek Sungai Kakap AKP Matias Suwart beserta jajarannya menyalurkan bantuan kepada keluarga Lebek Adam, Jumat (29/11). SIGIT ADRIYANTO/PONTIANAK POST

Bantuan Rumah Baru Bisa Didapat 2020 Mendatang

Masih ingat Lebek Adam? warga Desa Sungai Itik, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Beberapa waktu dia sempat viral karena tinggal di gubuk tak layak huni bersama istri tercintanya. Perlahan tapi pasti, berbagai bantuan terus mengalir untuk kedua pasangan suami-istri yang sudah memasuki usia lanjut tersebut.

SIGIT ADRIYANTO, Sungai Raya

RONA bahagia bercampur senyum lebar terpancar di wajah Lebek Adam, saat Kapolsek Sungai Kakap, AKP Matias Suwart bersama jajaranya, mengunjungi gubuknya di Jalan Parit Beringin, Dusun Mawar, Desa Sungai Itik, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Jumat (29/11).

Kedatangan Kapolsek beserta jajaran tersebut semata-mata adalah untuk memberikan bantuan sembako kepada keluarga Lebek, yang diketahui hidup dalam kondisi memprihatinkan. Dia tinggal di lubuk tak layak huni, bahkan sudah dikhawatirkan roboh.

Kapolsek yang baru sepekan menjabat tersebut mengatakan bahwa pemberian bantuan ini adalah bagian dari program baru, yang diterapkan oleh jajaran Polsek Sungai Kakap, yakni program peduli masyarakat. Program ini, kata dia, akan selalu mendekatkan mereka dengan masyarakat yang membutuhkan di wilayah hukumnya. Tentunya, harapan dia, tetap tak melupakan tugas utama Polri untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Di mana ada masyarakat yang kurang mampu, memerlukan bantuan, kami (Polsek Sungai Kakap, Red) berikan bantuan, agar paling tidak meringankan, apa yang menjadi beban masyarakat sehari-hari,” katanya.

Matias menuturkan, informasi adanya warga yang kurang mampu bernama Lebek Adam ini baru diketahuinya lewat peran Bhabinkamtibmas Desa Sungai Itik. Dengan begini, peran dan fungsi Bhabinkamtibmas, menurut dia, semakin kian terasa di tengah masyarakat. Selain untuk mendeteksi berbagai kejanggalan gangguan kamtibmas, menurut dia, sekaligus mendeteksi masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

Ke depan dirinya berharap situasi kamtibmas di Kecamatan Sungai Kakap tetap aman tertib, dan damai. “Masyarakat yang memerlukan bantuan, Insyaallah akan kita berikan bantuan sesuai dengan kemampuan kami, agar dapat meringankan beban masyarakat itu sendiri,” tandasnya.

Menanggapi bantuan ini, Lebek Adam menilai tersebut sangat berarti bagi dia dan juga istrinya. Terlebih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Diketahui sebelumnya jika Lebek Adam sehari-hari bekerja sebagai penjual udang lamek (untuk umpan ikan), yang didapatinya dengan menyusur parit yang berada di samping gubuk kecilnya tersebut. “Sekarang musim hujan, tak bisa bisa cari udang lamek karena air tinggi. Terlebih kondisi badan yang semakin menua, cuaca seperti ini sudah tidak mampu lagi badan suka menggigil,” timpalnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Desa Sungai Itik, Abdurrahman memastikan bahwa pada 2020 mendatang, keluarga Lebek  Adam akan mendapatkan bantuan bedah rumah dari pemerintah. “Insyaallah tahun 2020 akan kita berikan bantuan (bedah rumah) pada keluarga Lebek. Kalaupun tidak ada programnya, pihak desa bagimana pun usahanya akan membangun, dan prioritasnya di sini. Baik mungkin dari dana desa maupun secara pribadi,” katanya.

Selain itu, pihak desa juga telah mengajukan BPJS Kesehatan untuk Lebek dan keluarga. Hanya saja, diakui dia jika prosesnya akan berlangsung lama. Selaku kepala desa, ia pun mengapresiasi perhartian Kapolsek kepada warganya tersebut. “Saya apresiasi Pak Matias Kapolsek Sungai Kakap, gebrakannya ini luar biasa,” imbuhnya. (*)

 

 

Read Previous

Fahmi Ahmad; dari Pesepakbola ke Kepala Desa

Read Next

Panji Ajak Keluarga Kembali ke Meja Makan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *