Baznas Pontianak Gelar Layanan Mobil Kesehatan

PELAYANAN : Baznas Kota Pontianak saat menggelar Layanan Mobil Kesehatan, di Masjid Darul Falah, Rabu (16/9).

PONTIANAK – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pontianak memulai program Layanan Mobil Kesehatan, Rabu (16/9). Untuk edisi pertama, kegiatan tersebut digelar di Masjid Darul Falah, Pontianak Kota. Kegiatan ini akan digelar rutin setiap pekan, di lokasi yang berbeda-beda.

Ketua Baznas Kota Pontianak, Nashrullah Chatib mengatakan, kesehatan menjadi salah satu bidang yang disasar dalam penyaluran zakat. Implementasinya, kata dia, yakni dengan menghadirkan layanan mobil kesehatan yang memberikan layanan kesehatan di titik-titik yang telah ditentukan, terutama di masjid.

“Mereka yang mendapat pelayanan ini adalah para jemaah masjid atau mustahik,” ungkap Nasrullah.

Dalam menjalankan program ini, Baznas Kota Pontianak bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Adapun bentuk pelayanan yang diberikan, yakni  pengobatan gratis, di antaranya cek darah, tekanan darah dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Baznas Kota Pontianak jugabekerjasama dengan UPZ Masjid yang sudah dibentuk oleh Baznas Kota Pontianak.

“Selanjutnya kegiatan ini akan digelar di salah satu masjid di enam kecamatan yang ada di Kota Pontianak. Kemudian di kantor KecamatanPontianak Kota, Kantor Kecamatan Pontianak Barat, serta terakhir di halaman kantor Baznas Kota Pontianak,” jelas dia.

Rizky Rachmat Akbar, Kasi Pelayanan Kesehatan Dinkes Pontianak, mengapresiasi program layanan mobil kesehatan yang diinisiasi oleh Baznas Kota Pontianak. Dia menilai program ini akan lebih mendekatkan masyarakat pada pelayanan kesehatan sehingga deteksi dini terhadap kemungkinan adanya penyakit dapat dilakukan.

“Kami di sini menurunkan beberapa tenaga medis, serta alat-alat kesehatan yang diperlukan,” tutur Rizky.

Pelayanan kesehatan yang diberikan ini, lanjut dia, juga sebagai langkah yang baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. Para peserta menurutnya juga mendapatkan layanan untuk melakukan konsultasi kesehatan sehingga mereka lebih mengetahui cara atau langkah-langkah penanganan secara tepat

“Selain pengecekan kondisi kesehatan, para peserta juga bisa melakukan konsultasi kepada tim medis yang menangani,” ucap dia. (sti)

loading...