Bea Cukai Kalbar Terus Tingkatkan Pelayanan

bea cukai kalbar

SERU: Keseruan peserta saat melaksanakan pelatihan CECSC | IST

PONTIANAK—Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya pelatihan Customs and Excise Client Service Charter (CECSC) yang diberikan bagi pegawai di seluruh satker yang ada di Kalimantan Barat. Acara berlangsung Selasa-Kamis di Aula Kanwil Bea Cukai Kalbar.

Peserta Lokakarya berasal dari perwakilan pegawai di Wilayah Kerja Kanwil Bea Cukai Kalimantan Barat yang ditunjuk oleh Sekretariat DJBC, baik yang bertugas di frontliner ataupun di back office  dan Petugas Pengawas Perbatasan.

Acara itu menghadirkan tenaga pengajar (trainer) yang merupakan pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan sudah berpengalaman yaitu Yetty Yulianty (Kepala KPPBC Pangkal Pinang), Ardhani Naryasti (Kepala Seksi Penyuluhan Direktorat KIAL), dan Rommy Heryadi (Pemeriksa Bea Cukai Muda KPU Soekarno-Hatta).

Beberapa materi yang dibawakan antara lain cara mengenali dan membangun karakter serta kepribadian yang dihubungkan dengan nilai-nilai kementerian keuangan, program budaya serta sikap dasar DJBC. ada pula materi tentang komunikasi efektif, yaitu bagaimana seseorang berkomunikasi, baik verbal melalui rule of personal communication ataupun non verbal, serta hal-hal yang perlu dihindari oleh seorang client service dalam melayani pengguna jasa. Para peserta pun diberikan materi tentang etika penampilan pegawai DJBC dan managing service dalam memberikan pelayanan prima.

Di hari kedua, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi tantangan untuk diselesaikan. Tantangan tersebut berupa pengaplikasian materi yang diberikan ke dalam role play. Diharapkan dengan role play ini para pegawai Bea Cukai mampu bersikap dan beretika dalam menghadapi berbagai permasalahan. Dan di hari terakhir, peserta diajak menuju Bandar Udara Supadio Pontianak untuk mengaplikasikan langsung materi yang di dapat selama pelatihan.

Di akhir pelatihan, Kepala Kanwil Bea Cukai Kalbar yang diwakili Kepala Bagian Umum Agus Djoko Prasetyo, memberikan apresiasi tiga orang pegawai yang menjadi peserta terbaik dan satu orang sebagai peserta terfavorit. Tidak cukup sampai disitu penghargaan juga diberikan kepada kelompok terbaik.

Dia berharap pegawai bea cukai, khususnya di Kalimantan Barat ini memiliki kelakuan yang baik, bersikap ramah, tegas, responsif dan berwibawa dalam melayani pengguna jasa. Dengan diselenggarakannya lokakarya ini, diharapkan seluruh pegawai memiliki keterampilan dalam menghadapi pengguna jasa guna meningkatkan mutu layanan agar makin baik dari sebelumnya. (r/*)

Read Previous

Menag Minta Maaf

Read Next

MTQ XXXI Kabupaten Mempawah Sukses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *