Belajar dan Mendidik Tanpa Batas

Yakobus, S. Pd.., M.M

Oleh: Yakobus,S.Pd, M.M

ISTILAH E-learning dapat diartikan sebagai suatu sistem dalam pembelajaran yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan karakteristik-karakteristik tertentu, seperti: (1) Menggunakan perangkat teknologi, dimana guru, dosen, maupun tenaga pengajar lainnya dan siswa maupun mahasiswa dapat berkomunikasi dengan relatif mudah tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler. (2) Memanfaatkan keunggulan media digital dan jaringan komputer. (3) Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri dan dapat disimpan di perangkat komputer maupun gadget sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja bila saat dibutuhkan. (4) Memanfaatkan jadwal pelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan yang dapat dilihat setiap saat. Internet menyediakan berbagai kemudahan tanpa batas waktu dan ruang.

Namun, harus disadari bahwa internet bagaikan pisau bermata dua (Man Behind the Gun), oleh karena itu dibutuhkan ketegasan pribadi, panduan dan pantauan orang tua, guru, dan masyarakat sekitar dalam berinternet. Dunia pendidikan kita mengerti akan hal itu, oleh karena itu pemerintah memetakan fungsi internet bagi dunia pendidikan, diantaranya : (1) Sebagai sumber informasi, (2) Sebagai media pembelajaran (e-learning), (3) Sebagai tempat latihan (uji kompetensi atau kemampuan), (4) Sebagai jejaring sosial, dan (5) Sebagai tempat belajar jarak jauh (Distance Learning).

Memasuki abad 21 perkembangan teknologi semakin pesat. Dimulai dari hardware, software yang semakin canggih dan sering diperbaharui dalam waktu berjalan. Perubahan generasi menjadikan kita sebagai manusia yang hidup di era sekarang tidak boleh ketinggalan jaman. Banyak hal-hal yang perlu diketahui untuk mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

Salah satunya penggunaan internet untuk kegiatan sehari-hari seperti sharing online, belajar online, akses sosial media dan lain-lain. Banyak bidang yang memanfaatkan internet sebagai sarana bantu mensukseskannya. Seperti bidang ekonomi untuk jual beli online, transaksi banking, dan lain-lain. Kemudian dalam bidang pendidikan, internet bisa digunakan untuk mengakses elearning, portal-portal kampus, jurnal online dan sebagainya.

Pendidikan berbasis e-learning digadang-gadang mampu menjadi solusi terbaik dalam meningkatkan kualitas pendidikan karena siswa maupun mahasiswa harus mampu mengakses materi ataupun modul pelajaran ataupun perkuliahan secara online, yang bahkan sudah disisipi dengan video, audio, transkrip, live chat, forum diskusi, maupun presentasi, bahkan mengerjakan tugas, melaksanakan ujian kapan saja dan dimana saja, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Belajar Tanpa Batas

Belajar Dari Rumah (BDR) saat ini dilaksanakan hampir pada seluruh jenjang pendidikan di seluruh Indonesia, Dalam dunia pendidikan pembelajaran online sudah mulai digunakan. Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang disampaikan secara elektronik yang nantinya diakses dengan internet.

Belajar online dapat membuat siswa mengatur diri sendiri dan siswa dapat menyesuaikan dengan konsisi yang nyaman untuk belajar. Menjangkau di semua wilayah. Kemudian materi pembelajaran bisa lebih lengkap dan berbentuk elektronik sehingga dapat dipelajari berulang-ulang.

Pihak penyelenggara bisa merevisi materinya kapan saja, sehingga informasi yang disajikan selalu up to date. internet merupakan media penyaji informasi yang sangat luas jangkauannya. Kehadirannya bak jendela dunia yang membuka cakrawala, menembus batas, dan membukakan kebekuan sumber informasi.

Mendidik Tanpa Batas

Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/ 2021 di masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) memberikan arahan bahwa pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan pada tahun pembelajaran 2020/2021 tidak dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Tidak serentaknya pelaksanaan pembelajaran ini, salah satunya berdasarkan kategori zona daerah tempat Satuan pendidikan berada.

Akan tetapi tidak mempengaruhi semangat para pendidik untuk tetap melaksanakan pembelajaran dengan cara yang tepat yaitu dengan system pembelajaran daring. E-learning sudah keharusan dan menjadi kebutuhan pendidikan di masa sekarang dan dimasa yang akan datang. Karena e-learning adalah solusi dalam mendidik tanpa batas, dimana saja, kapan saja  sebagai guru atau pendidik memberikan bahan ajar, pembelajaran, tugas dan bahkan bisa berkomunikasi langsung dua puluh empat jam online dengan siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran.

Disamping itu, dengan kekuatan Sistem Manajemen Pembelajaran yang free atau open source, dan masih gratis, seperti : moodle, blackboard CourseSites, Schoology, latitude learning, academy of mine, eFront, dokeos, dan sebagainya. Semoga e-learning ini benar-benar mampu mewujudkan peran internet untuk pendidikan, dan  mampu memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas.

Penulis

Kepala SMAN 1 Menjalin Kabupaten Landak

error: Content is protected !!