Belasan Wartawan AJK Divaksin Covid-19

DIVAKSIN : Para wartawan yang tergabung dalam AJK, sudah mendapatkan vaksin Covid-19 tahap pertama, kemarin (10/3).ISTIMEWA

KETAPANG – Pemberian vaksin Covid-19 terus dilakukan. Selain diberikan kepada tenaga kesehatan, vaksinasi dilakukan kepada orang-orang yang terlibat dalam pelayanan publik. Termasuk juga para wartawan yang ada di Ketapang.

Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Vaksinasi terhadap awak media dilakukan bersamaan dengan para tokoh dan pelayan publik di Ketapang pada Rabu (10/3).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ketapang, Basaria Rajagukguk, mengatakan wartawan merupakan salah satu program prioritas pemberian vaksinasi. “Wartawan selalu mencari berita. Tentu berkontak terus dengan orang lain yang berbeda-beda, sehingga rawan tertular Covid. Dari itu awak media harus diberi perlindungan vaksinasi, mengingat mobilitas dalam bekerja tinggi,” kata Basaria, kemarin (10/3).

Selain prioritas kepada awak media, pihak lain seperti tokoh agama, masyarakat dan para pelayan publik juga menjadi prioritas. Namun pelaksanaannya tetap bertahap sesuai ketersediaan vaksin. “Tetap diberlakukan prioritas yang sama, tapi bertahap sesuai datangnya vaksin. Jadi kita berlakukan azas prioritas sesuai kemampuan jumlah vaksin yang diterima untuk Ketapang. Mohon bersabar bagi yang belum divaksin,” tuturnya.

Dia menambahkan, pemberitan vaksin akan dilakukan dua kali. Selain tahap pertama, akan ada vaksinasi tahap kedua. “Yang sudah divaksin hari ini akan diberikan surat keterangan telah viksin. Selanjutnya akan diberikan vaksin tahap kedua 14 hari kemudian. Untuk tahap kedua ini kami jadwalkan tanggal 24 Maret 2021 di lokasi ini juga,” ungkapnya.

Ketua Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK), Theo Bernadhi, menyambut baik vaksinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Ketapang melalui Dinas Kesehatan Ketapang, termasuk juga untuk para wartawan. “Tentu kami menyambut baik vaksinasi, mengingat ini menjadi salah satu ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sekarang masih terjadi di Ketapang,” kata Theo.

Dia berharap, kedepan vaksinasi dapat menyasar ke masyarakat secara lebih luas, khususnya pihak-pihak yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat ramai. Tujuannya agar lebih efektif. “Kita juga berharap vaksin ini menjadi solusi yang ampuh dalam menangani pandemi yang saat ini masih terjadi. AJK juga mengajak masyarakat untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan meskipun sudah divaksin,” pungkasnya. (afi)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!