Bendahara SKPD Melawi Rajin Setor Pajak 

SOSIALISASI:Kepala KP2KP Nangah Pinoh Dedy Agus Prabowo memberikan sambutan pada sosialisasi kepada Bendahara Pajak | IST

KANTOR Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nanga Pinoh menyelenggarakan sosilisasi kepada bendahara dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Melawi, Rabu (11/12).

Materi yang disampaikan terkait pengisian SPT Masa PPh Pasal 21 melalui aplikasi e-SPT. Acara yang dihadiri oleh 27 bendahara ini dilaksanakan di Aula KP2KP Nanga Pinoh.

Dalam sambutannya, Kepala KP2KP Nanga Pinoh Dedy Agus Prabowo menyampaikan bahwa selain memiliki kewajiban bayar atau setor pajak, para bendahara juga berkewajiban untuk melaporkannya.

“Kewajiban teman-teman (para bendahara SKPD) tidak hanya sampai di bayar pajak saja, tetapi juga melaporkan apa yang sudah dibayar dalam bentuk SPT,” kata Dedy.

Selanjutnya paparan materi oleh Pelaksana KP2KP Nanga Pinoh Ikhwanudin tentang aplikasi yang membantu para bendahara untuk melaporkan pajaknya, yaitu e-SPT PPh Pasal 21.

“Output dari aplikasi ini adalah file csv yang kemudian bisa dilaporkan melalui website DJP Online,” ujar Yusuf.

Yusuf menambahkan bahwa kegiatan ini untuk pengenalan tentang aplikasi. Teknis pengisian di aplikasi akan diadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di kemudian hari.

“Karena kita tahu bahwa teman-teman (para bendahara SKPD) ini tiap bulan sudah rajin setor pajaknya, tetapi harus dilengkapi dengan kewajiban berikutnya yaitu pelaporan,” tambah Yusuf.

Dedy berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat menyegarkan kembali tentang kewajiban perpajakan wajib pajak bendahara.

“Kami terus berharap untuk meningkatkan kepatuhan dari wajib pajak, salah satunya dengan acara ini. Karena sosialisasi sudah sering dilakukan, sekarang tinggal mendampingi mereka (para bendahara SKPD),” tutup Dedy. (r/*)

loading...