Berharap Hibah Air Minum Perkotaan

SERAH CENDERAMATA: Ketua Komisi II DPRD Kota Singkawang Muhammadin menyerahkan cenderamata saat berkunjung ke PDAM Tirta Sembada Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, beberapa waktu lalu. ISTIMEWA

SINGKAWANG – Ketua Komisi II DPRD Kota Singkawang Muhammadin melakukan kunjungan kerja ke PDAM Tirta Sembada Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka bekal pembahasan sebelum Raperda Penanaman Modal Perusda PDAM Gunung Poteng Singkawang disahkan.

“Ini kita hanya menjalankan rangkaian dalam rangka pembahasan Raperda tersebut agar penetapan sesuai dengan mekanisme aturan tentu harus dengan segela pertimbangan,” katanya.

Tentunya kunjungan kerja Badan Legislasi Daerah ini ke Sleman diharapkan dia akan memberikan khazanah pengetahuan terkait pengelolaan PDAM. Karena PDAM Gunung Poteng Kota Singkawang mengajukan program hibah air minum perkotan ke Pemerintah Pusat. Di mana informasinya Pemerintah Pusat menganggarkan di APBN Rp800 miliar untuk hibah seluruh Indonesia. “Semoga singkawang mendapatkan persetujuan anggaran yang besar sesuai kebutuhan yang diperlukan,” kata dia.

Jika usulan Perusda PDAM Gunung Poteng Singkawang ini diterima, maka akan mendukung sekali program Program SR (sambungan rumah) baru yang rencananya ditargetkan kurang lebih 2000 lebih pelanggan baru.

Terkait perguliran Raperda penanaman modal PDAM Gunung Poteng, tentu tetap mempedomani sesuai dengan ketentuan dan mekanisme pengajuan baik dalam pengajuan dan tahapan tahapan APBD serta alur undang-undang di laksanaan. Badan legislasi DPRD mungkin memberikan sumbangsih pemikiran kepada pimpinan dan sebelum dibentuk pansus untuk nanti menetapkan pada paripurna menyetujui Raperda dibahas begitu juga sebaliknya.

Karena apapun yang dilakukan saat ini juga merupakan proses Pemkot, DPRD Singkawang dan Perusda PDAM Gunung Poteng dalam rangka memperluas jaringan akses air bersih kepada masyarakat Kota Singkawang.  (har)

error: Content is protected !!