Berharap Ibadah Umroh Kembali dibuka

Mahadar

ADANYA vaksin Covid-19, diharapkan dapat mengembalikan gairah ekonomi masyarakat. Hal ini pula menjadi harapan dari Mahadar, Direktur Utama PT Almahdar. Sebagai bagian dari Penyelenggara Perjalanan Haji dan Umroh, ikut terkena dampak yang sangat besar. Lebih kurang satu tahun sudah tak ada aktivitas keberangkatan Umrah dari biro perjalanan di Jalan Apel, Pontianak Barat ini. “Iya terasa sekali dampaknya bagi kami. Jemaah yang kemarin tertunda keberangkatannya masih menunggu,” jelasnya.

Mahadar berharap, Vaksin Covid-19 ini dapat membuka kembali keran keberangkatan jemaah umrah.

Dalam setahun paling tidak ada lima kali keberangkatan yang melalui travel miliknya. Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi sempat membuka kembali aktivitas umrah untuk jemaah luar Arab Saudi. Namun Pemerintah Arab Saudi kembali mengeluarkan larangan masuk pada 20 negara termasuk Indonesia pada Selasa (2/2/2021). Aturan ini mengakibatkan perjalanan umrah 2021 kembali tertunda sampai larangan ini dicabut.

Mahadar berharap, ke depan saat Arab Saudi kembali membuka keran umrah bagi Jemaah luar Arab Saudi, maka syarat yang diberlakukan dapat dipenuhi jemaah Indonesia, terutama terkait protokol kesehatan. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar dan waktu untuk ibadah lebih banyak. “Tentunya kami siap untuk mengikuti aturan yang berlaku,” pungkasnya. (mrd)

error: Content is protected !!