Berwisata Berkeling Batu dari Antariksa

OBJEK WISATA: Obyek Wisata Batu Belimbing di Kecamatan Singkawang Timur menjadi latar belakang berswafoto bagi wisatawan. Istimewa

Mengembangkan Obyek Wisata Batu Belimbing

Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan merencanakan pola kebijakan terhadap pengembangan kawasan wisata di Singkawang Timur. Serta, mengidentifkasi dan menganalisis potensi wisata daerah ini mulai dari aspek wisata seni, budaya, wisata alam, wisata buatan dan wisata pendidikan.

Hari Kurniathama, SINGKAWANG

Obyek wisata Batu Belimbing yang terletak di Kecamatan Singkawang Timur bakal dikembangkan. Potensi wisata batu tersebut memang sangat luar biasa. Akan menjadi daya tarik bagi wisatawan daerah, mau pun mancanegara.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Litbang Bappeda Kota Singkawang Gunawan, saat membuka focus group discussion (FGD) tentang analisis pengembangan wilayah Kecamatan Singkawang Timur sebagai kawasan wisata di aula Bappeda, belum malam ini. FGD yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk merencanakan pola kebijakan terhadap pengembangan kawasan wisata di Singkawang Timur dan mengidentifkasi serta menganalisis potensi wisata Singkawang Timur dari aspek wisata seni, budaya, wisata alam, wisata buatan dan wisata pendidikan.

“Selain itu hasil rekomendasi kajian dapat diterapkan menjadi bagian dari program pada perangkat daerah terkait dalam mendukung perkembangan pariwisata Singkawang,” katanya.

Menurutnya, salah satu capaian misi Kota Singkawang yang dipersiapkan menjelang tahun 2020 dalam rancangan prioritas pembangunan di Singkawang, adalah mengembangkan kawasan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi meliputi kegiatan fasilitasi destinasi wisata.”Dalam pelaksanaan pengembangan akan terlebih dahulu dilakukan kajian dengan menginventarisir potensi, permasalahan dan peluang dalam potensi destinasi wisata,” katanya.

Salah satu kecamatan di Kota Singkawang yang memiliki potensi wisata dan akan dikembangkan adalah Kecamatan Singkawang Timur.

Analisis pengembangan Kecamatan Singkawang Timur sebagai kawasan wisata dimaksudkan untuk menelusuri faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang suatu wilayah sebagai kawasan wisata.

“Selanjutnya nanti akan dilakukan analisis yang relevan atas pengaruh-pengaruh setiap faktor terhadap peningkatan pembangunan pariwisata,” ujarnya.

Dia berharap, dalam pengembangan destinasi wisata Singkawang Timur diperlukan dukungan dari semua unsur.

“Harus ada dukungan semua unsur, agar pengembangan kawasan wisata Singkawang Timur dapat tercapai,” harapnya.

Sekilas Batu Belimbing

Bukit Poteng atau yang biasa disebut oleh masyarakat dengan nama Gunung Poteng yang letaknya di wilayah Kecamatan Singkawang Timur. Benturan oleh meteor yang mengakibatkan mengapa bentuk puncak Gunung Poteng menjadi seperti sekarang.

Sementara, batu besar/meteor tadi adalah Batu Belimbing yang sampai saat ini masih bisa dilihat dan menjadi salah satu objek wisata di Kota Singkawang. Lokasinya, berada di kaki Gunung Poteng, tepatnya di ujung sebuah gang di seberang Kantor Camat Singkawang Timur.

Warga setempat menamakan gang tersebut Gang Batu Belimbing. Batu ini tampak unik, karena bentuknya yang beralur-alur hasil pengikisan atmosfer. Atas alasan itulah mengapa batu ini disebut dengan nama Batu Belimbing.

Batu Belimbing memang beda dengan jenis bebatuan yang ada di bumi. Molekulnya berbeda. Di Amerika, ada juga batu yang seperti ini.(*)

error: Content is protected !!