Besok, Tour de Malindo Dimulai

LEPAS : Kepala Disporapar Kalbar Natalia Karyawati melepas peserta Fun Bike Tour de Malindo dari Kota Pontianak menuju Lundu, Sarawak (Malaysia), Jumat (23/8) pagi. IDIL AQSA AKBARY/PONTIANAK POST

PONTIANAK-Sekitar 100 pesepeda asal mancanegara dan Indonesia siap mengikuti Fun Bike Tour de Malindo. Kegiatan yang digelar kerjasama pemerintah Indonesia-Malaysia ini bakal berlangsung 24-25 Agustus 2019.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar Natalia Karyawati melepas peserta dari Kota Pontianak menuju Lundu, Sarawak,Malaysia pada, Jumat (23/8) pagi. Hari ini masing-masing peserta melakukan persiapan, sebelum kegiatan dimulai pada, Sabtu (24/8) besok.

Di hari pertama kegiatan Fun Bike Tour de Malindo ini, titik start dimulai di Lundu, Malaysia menuju ke PLBN Aruk, Kabupaten Sambas hingga finish di Kantor Bupati Sambas. Para peserta kemudian bermalam di Kota Sambas.

Kemudian dilanjutkan di hari kedua, Minggu (25/8), pada pukul 08.00 WIB peserta akan dilepas dari Kota Sambas menuju Pemangkat. Setelah istirahat siang di Pemangkat, para peserta melanjutkan perjalanan menuju Kota Singkawang sebagai titik akhir kegiatan.

“Kesiapan telah dilakukan oleh kedua negara dan sudah mencapai 100 persen. Semoga dalam pelaksanaan Fun Bike Tour de Malindo tidak mendapatkan kendala,” ungkap Natalia Karyawati.

Sementara itu pemerintah daerah sebagai tuan rumah yang dilintasi para pesepeda ini juga telah menyatakan kesiapan. Camat Sambas Alpian mengungkapkan, telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Termasuk pemerintah desa di beberapa wilayah yang akan dilewati peserta Tour de Malindo dan melibatkan pula seluruh masyarakat Kabupaten Sambas.

“Kami telah mengkoordinasikan terus bersama warga Sambas membersihkan seluruh kawasan sehingga acara ini tidak saja milik pemerintah tetapi juga milik masyarakat Sambas,” tuturnya.

Beberapa kawasan lain, diakuinya juga sudah disiapkan. Seperti di kawasan keraton Alwazikoebillah Sambas untuk pelepasan peserta di hari kedua, nantinya bakal ada serangkaian acara demi menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

“Ada festival tenun Sambas, lomba sampan bedar dan beberapa kegiatan lainnya sebagai upaya Pemkab Sambas mempromosikan wisata yang ada di Sambas,” katanya.(bar)

Read Previous

Gayung Bersambut Sambas “Merdeke” dari Kegelapan

Read Next

Parkir Lebih Luas, Jaga Keaslian Bangunan

Tinggalkan Balasan

Most Popular