Bhakti Sosial BKKBN Bersama Mitra

Targetkan Pasang 150 Alat Kontrasepsi

SUNGAI PINYUH-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat memberikan pelayanan KB gratis pada pelaksanaan Bhakti sosial kemitraan bertepatan dengan HUT TNI 74, hari kontrasepsi dan hari cuci tangan sedunia di Halaman Kantor Camat Sungai Pinyuh, Selasa (8/10). 150 pemasangan alat kontrasepsi pada masyarakat ditargetkan BKKBN pada kegiatan itu.

“BKKBN turut terlibat pada Bhakti sosial bersama mitra. Layanan pemasangan alat kontrasepsi kami berikan gratis pada masyarakat. Target kami 150 pemasangan kontrasepsi dilakukan dikegiatan ini. Pantauan saya dilokasi acara, masyarakat juga antusias,” kata Kepala BKKBN Kalbar, Kusmana.

Saat dirinya di sana, pemasangan alat kontrasepsi yang dilakukan masyarakat sudah mencapai 50 orang dengan dominasi kontrasepsi pemasangan jenis implan. Dia optimis target 150 pemasangan alat kontrasepsi bisa tercapai.

Pandangan dia, masyarakat akan lebih ramai jika ada kegiatan-kegiatan seperti ini. Pasalnya di kegiatan ini ada beragam layanan kesehatan gratis. Sehingga masyarakat bisa datang beramai-ramai untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dicarinya. “Bahkan saya lihat ada yang pergi sekeluarga. Ini juga semacam hiburan karena bisa bertemu dengan tetangga, saudara dan masyarakat lainnya,” katanya.

Menurut Kusmana, kegiatan Bhakti sosial seperti ini harus dilakukan berkelanjutan. Untuk kali ini pelaksanaan dilakukan bertepatan dengan HUT TNI ke 74, hari Polri dan Hari Kontrasepsi sedunia. Kegiatan bergabung seperti ini padangan dia merupakan suatu hal yang positif karena ada pelayanan KB, kemudian pelayanan bhakti sosial cuci tangan bersama. Ini adalah rangkaian kegiatan dalam menuju kebudayaan manusia yang maju, mandiri dan ini merupakan siklus pembangunan sosial.

Di tempat sama, Bupati Mempawah, Erlina menuturkan dengan menggandeng berbagai stakeholder dia optimis Pengendalian penduduk dapat dicapai.

Dia berharap para mitra tetap memiliki semangat tinggi melakukan advokasi edukasi sosialisasi dengan tugasnya masing-masing.

Jika semua itu dilakukan. Dia meyakini program yang ditargetkan dapat tercapai dengan hasil positif penurunan laju pertumbuhan penduduk, angka kelahiran anak, pernikahan dini dan pengguna kontrasepsi khususnya di Mempawah semakin membaik. “Persoalan ini bukan hanya di BKKBN saja. Ini tugas bersama. Makanya kegiatan kemitraan bersama ini sangat membantu kami,” tandasnya.(iza)

loading...