Bima Sakti Puji ‘Biak’ Sambas

Timnas U-16 Indonesia berfoto dengan pelatih dan ofisial usai mengikuti latihan di Lapangan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/RISKY ANDRIANTO/PRAS

Timnas U-16 akan Hadapi Dua Tim Lokal

JAKARTA—Tim nasional U-16 akan menghadapi dua tim lokal dalam laga uji coba di bulan Juli 2020, di sela pemusatan latihan (TC) yang berlangsung di Bekasi pada 6-29 Juli 2020.

Dalam pertemuan virtual yang diikuti di Jakarta, Sabtu, pelatih tim nasional U-16 Bima Sakti menyebut bahwa dua lawannya itu adalah tim U-18 Kabupaten Bekasi dan tim U-18 Bina Taruna. “Kami menghadapi tim U-18 Kabupaten Bekasi pada Jumat (24/7) dan Bina Taruna pada Rabu (29/7),” ujar Bima.

Pria berusia 44 tahun itu mengatakan, dirinya sengaja memilih lawan dengan usia yang lebih tua. Bima mau anak-anak asuhnya mendapatkan pertandingan yang berimbang agar dapat menerapkan hasil latihan mereka dengan maksimal di lapangan. “Saya mau pertandingan yang kompetitif,” tutur dia.

Juru taktik tim nasional Indonesia di Piala AFF 2018 juga memastikan bahwa laga uji coba itu digelar dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tim lawan wajib menerima tes cepat (rapid test) Covid-19 sebelum bertanding. “Kami mengomunikasikan hal ini kepada tim dokter timnas. Pertandingan hanya akan berlangsung jika skuat lawan nonreaktif Covid-19,” kata Bima.

Bima juga mengapresiasi proses adaptasi pemain termuda di skuatnya yaitu Krisna Sulistia. “Alhamdulillah Krisna bisa beradaptasi. Dia bisa dekat dengan pemain lain meski agak pemalu karena dia pemain termuda,” ujar Bima.

Menurut Bima, dirinya melakukan beberapa cara untuk membuat pesepak bola kelahiran 31 Mei 2006 itu merasa nyaman berada di skuat. Mulai dari mempersilakan Krisna memilih sendiri rekan sekamarnya. Pencetak gol terbanyak di Piala Soeratin U-15 tahun 2019 itu juga diminta berganti-ganti rekan semeja setiap kali makan. “Secara fisik dia tidak ada masalah. Hanya mungkin soal komunikasi dengan pemain lain. Jadi dia harus bisa berbaur,” tutur Bima.

Krisna Sulistia tergolong pemain baru di skuat timnas U-16 yang saat ini melakukan pemusatan latihan (TC) di Bekasi. Nama Krisna pertama kali masuk dalam daftar pemain timnas U-16 saat TC di Bekasi pada 9-20 Maret 2020. Akan tetapi, TC itu hanya dilaksanakan sampai tanggal 16 Maret 2020 karena pandemi Covid-19 melanda Tanah Air.

Krisna dilirik oleh Bima Sakti setelah menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen sepak bola remaja nasional Piala Soeratin kategori usia U-15 pada tahun 2019. Saat itu, pemain kelahiran Pati itu melesakkan enam gol dan membawa timnya Gabsis Sambas ke peringkat kedua turnamen.

TOP SKORER: Pemain Gabsis Sambas Krisna Sulistia saat menerima penghargaan sebagai top skorer Piala Soeratin U-15 tahun 2020. INSTAGRAM.COM/PIALASOERATIN

Bakatnya yang menonjol juga membuat biak (anak) Sambas ini menjadi bagian dari Garuda Select. Dia seharusnya berangkat ke Inggris pada awal April 2020 untuk bergabung dengan tim Garuda Select jilid II. Namun, rencana itu tidak bisa terlaksana akibat pandemi.

Bima Sakti juga memberlakukan kebijakan pembatasan penggunaan gawai bagi para pemainnya selama pemusatan latihan (TC) di Bekasi. Bima menyebut bahwa aturan itu dibuatnya demi mengurangi akses pemain ke media sosial. “Kami sangat mewanti-wanti masalah media sosial itu karena dapat berpengaruh ke mental pemain,” ujar dia.

Pria berusia 44 tahun itu khawatir anak-anak asuhnya terlena karena rata-rata mereka memiliki banyak ‘pengikut’ di media sosial. Para pemain timnas U-16, kata Bima, hanya diizinkan memegang telepon pintarnya mulai sekitar pukul 15.30 WIB atau setelah pemain muslim menunaikan ibadah shalat ashar. Gawai itu mesti dikumpulkan pada pukul 21.00 malam. “Saya ingin mereka bijak menggunakan media sosial,” kata Bima.

Timnas U-16 tengah menjalani TC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, yang berlangsung pada 6-29 Juli 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 26 pemain.

Skuat belia Garuda tersebut tengah disiapkan untuk berlaga di Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain. Pada kejuaraan itu, timnas U-16 Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di laga perdana Grup D pada Jumat (27/11), kemudian melawan China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12). (ant)

 

error: Content is protected !!