BJ Habibie Sosok Negarawan Sejati

Prosesi pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie secara militer. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam pemakaman yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. (Kamis (12/9). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

 Prosesi pemakaman mendiang Presiden RI ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dimulai. Jenazah sudah tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pukul 13.40. Didampingi segenap keluarga, serta pejabat negara, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Habibie dibawa dalam peti jenazah berwarna putih. Berbalut bendera merah putih. Peti jenazah dipanggul oleh Prajurit TNI. Proses pemakaman dilakukan dengan upacara militer. Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara, dalam prosesi pemakaman kali ini.

Sepanjang perjalanan dari depan TMP, tepat setelah jenazah diturunkan dari kendaraan. Lantunan salawat tak henti-hentinya mengiringi Habibie ke peristirahatan terakhir. Prosesi pemakaman diawali dengan pembacaan biografi singkat Habibie semasa hidup. Sebelum diturunkan ke liang lahat, jenazah mendapat penghormatan terakhir secara militer.

Prosesi pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie secara militer. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam pemakaman yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. (Kamis (12/9). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Jokowi kemudian menjadi orang pertama yang melakukan penimbunan liang lahat secara simbolis. Dilanjut oleh pihak keluarga yang diwakili oleh Ilham Akbar Habibie. Dan diakhiri oleh petugas pemakaman.

Prosesi dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga atas nama negara dan bangsa, diwakili oleh Jokowi selaku inspektur upacara. Perwakilan keluarga juga turut meletakan karangan bunga.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, Indonesia kehilangan besar atas berpulangnya Habibie. Sebab, almarhum merupakan sosok yang begitu besar. Bahkan, Jokowi menyebut BJ Habibie sangat berjasa kepada bangsa.

“Beliau adalah negarawan sejati. Inspirator, ilmuan yang menyakini bahwa tanpa cinta kecerdasan berbahaya. Ilmu pengetahuan, iman dan taqwa harus bersatu. Beliau suri tauladan anak bangsa,” kata Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Suasana pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (Sabik Aji Taufan/ JawaPos.com)

Oleh karena itu, Jokowi menyampaikan sudah sepantasnya di upacara pemakaman ini menjadi penghormatan negara terkahir kepada Habibie. Jokowi mengenang pendahulunya itu sebagai sosok yang sangat vidioner. Di usia mudanya dia sudah berfikir jauh untuk bangsa dan negara, suapa di masa mendatang, Indonesia bisa lepas landas.

“Dari visi beliau lahir industri. Dedikasi beliau Pesawat Gatot Kaca pertama kali terbang pada perayaan 50 tahun kemerdekaan Indonesia,” tambahnya.

Selama masa kepresidenan, Habibie juga banyak meletakan pondasi kuat bangsa. Lahirnya demokrasti pun tak lepas atas jasanya. Pengabdiannya berlanjut sampai dengan masa senjanya. Dia masih tetap berkontribusi dalam untuk kemajuan bangsa.

Pemakaman Habibie turut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara. Diantaranya Menteri Kabinet Kerja, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta sejumlah pejabat lain, termasuk tamu undangan negara sahabat.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Read Previous

Dirut BPJS Kesehatan Beberkan Fakta Penyesuaian Iuran JKN-KIS

Read Next

Gerbang Tani PKB Kalbar Dorong Figur Mursalin di Pilkada Sambas 2020

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *