BKKBN Berlakukan Kerja di Rumah; Hand Sanitizer Disediakan Bagi ASN dan Tamu

PONTIANAK-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat mulai Kamis (19/3) memberlakukan Working From Home (kerja dari rumah). Pemberlakuan WFH dilakukan dalam rangka pencegahan virus corona di lingkup BKKBN. Demikian dikatakan PLT BKKBN Kalbar, Abdul Rakhman.

“Kami sudah terima intruksi WFH melalui surat dari BKKBN pusat. Isinya adalah intruksi agar ASN lingkup BKKBN melakukan kerja dari rumah. Apa yang dilakukan untuk mencegah mewabahnya virus Corona dilingkup BKKBN. Pemberlakuannya mulai hari ini,” kata Abdul Rakhman kepada Pontianak Post, Kamis (19/3).

WFH sendiri kata dia, tidak lantas mematikan keseharian pekerjaan di BKKBN. Pemberlakuan aturan tersebut dibagi menjadi dua. Yaitu sebagian ASN bekerja di rumah, sebagian lagi ada yang masuk kantor. Bekerjanya bergilir, sehari di rumah dan sehari di kantor. “Hari ini, sebagian ASN BKKBN sudah memulai kerja di rumah, namun sebagian lagi masuk kantor,” timpalnya.

Maksud dan tujuan aturan tersebut guna memberikan acuan bagi seluruh pegawai dalam mendorong upaya pencegahan covid-19. Juga memberikan perlindungan atas kesehatan dan keselamatan bagi seluruh pegawai terhadap penyebaran virus tersebut.

Beberapa prosedur juga dijalankan BKKBN terhadap deteksi penyebaran Corona. Seperti pemeriksaan suhu tubuh seluruh pejabat, pegawai dan tamu yang masuk di BKKBN. Petugas juga dilengkapi dengan masker dan sarung tangan. Apabila hasil pemeriksaan suhu tubuh mencapai 37,5 derajat Celcius, maka seseorang tidak diperkenankan masuk ke BKKBN dan diarahkan untuk ke faskes sementara.

Kemudian bagi pejabat, pegawai atau tamu yang mengalami demam, batuk, pilek dan memiliki gejala influenza diimbau tidak masuk kantor serta segera memeriksa diri ke faskes.

BKKBN juga menyediakan hand sanitizer dibeberapa titik kantor. Diminta dia siapapun yang masuk di kantor harus selalu menggunakan hand sanitizer. “Karena kebersihan menjadi kunci menangkal wabah virus ini,” tandasnya.(iza)