BMKG Prediksi Curah Hujan Masih Minim hingga Pekan Depan di Kalbar

SUNGAI RAYA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio memperkirakan hingga satu pekan ke depan secara umum cuaca di Kalimantan Barat masih minim curah hujan.

Kepala seksi data dan informasi BMKG Supadio, Sutikno menerangkan hingga satu pekan ke depan secara umum dominan tidak terjadi hujan di Kalimantan Barat.

“Tapi mulai 4 hingga 5 Agustus ada potensi hujan ringan hingga sedang disebagian Kalimantan Barat bagia utara seperti Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu dan Landak,” kata Sutikno kepada Pontianak Post, Rabu (5/8) di ruang kerjanya.

Setelah 5 Agustus hingga 9 Agustus lanjutnya diperkirakan terdapat potensi hujan, namun intensitassnya sangat ringan sekali. Artinya kata dia, masih banyak daerah yang belum terjadi hujan, kalau pun ada curah hujannya dengan intensitas ringan namun tidak merata.

“Makanya karena hingga 9 Agustus ini diperkirakan cuurah hujannya sangat sedikit, kami mengimbau untuk mewaspadai terjadinya Karhutla terutama di kawasan seperti Kabupaten Ketapang dan Kubu Raya,” jelasnya.

Sutikno menambahkan, mulai 10 Agustus hingga akhir Agustus BMKG Supadio memprediksi curah hujan akakn terus terajdi di Kalimantan Barat.

“Perkiraan kami itu mulai ada curah hujan itu mulai 10 Agustus, dia jadwalnya bisa mundur atau maju satu hari dari waktu yang diperkirakan,” ujarnya.

Setelah cukup lama tidak hujan, kata dia, perlu diwaspadai saat terjadi hujan diawal beberapa hari pertama biasanya disertai dengan angin kencang dengan durasi singkat.

Hujan yang disertai dengan angin kecang berdurasi singkat ini diperkirakan berpeluang terjadi di Kalbar bagian barat seperti Sambas, Singkawang, Bengkayang, Mempawah, Pontianak Kayong Utara dan Ketapang. (ash)

error: Content is protected !!