BNN Hanya Memantau, Aturan Kratom Masih Diujicobakan

SANGGAU – Penggunaan Daun Kratom di Sanggau sejauh ini terus dalam pantauan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Sanggau. Pemerintah Kabupaten Sanggau juga belum melakukan pelarangan karena belum ada kejelasan status hukumnya.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan sejauh ini aturan dari atas masih diujicobakan. Pemberlakuan larangan baru dapat dilakukan apabila aturannya sudah diberlakukan nantinya.

“Sekarang kan masih dalam tahap diujicobakan. Kalau aturannya sudah diberlakukan pasti pemerintah akan menindaklanjutinya dengan penertiban,” katanya.

Pada satu kesempatan beberapa hari lalu, Bupati Paolus Hadi diperlihatkan tanaman Kratom oleh BNNK Sanggau sekaligus memperingati Hari Anti Narkotika Internasional.

Kepala BNNK Sanggau, Ngatiya juga membenarkan bahwa sejauh ini, aturan yang sudah ada sedang dalam tahap uji coba sebelum benar-benar diterapkan nantinya.

“Uji cobanya seingat saya itu lima tahun. Jadi melihat perkembangannya sampai waktu yang ditetapkan. Kita di Sanggau, ada beberapa tempat yang ditumbuhi tanaman Kratom ini,” ujarnya.

Terkait kandungannya, lanjut dia, Kratom dikategorikan golongan satu. “Kratom masuk kategori golongan satu karena kandungannya yang berbahaya bila digunakan berlebihan,” ungkapnya. (sgg)

error: Content is protected !!