Bosan di Rumah Saja, Bisa Ikuti Doodle Art Science dan Photography Contest

Direktur PP-IPTEK Kemenristek/BRIN M Syahrial Anas

PONTIANAK-Mamuli Science Technology and Innovation Center (STIC), Bappelitbangda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Science Center Pontianak, UPT Pusat Iptek dan Bahasa Kota Pontianak akan menyelenggarakan Doodle Art Science Contest dan Photography Contest bagi pelajar di wilayah NTT dan Kalbar. Kegiatan ini akan dibuka pendaftarannya secara daring 22 Juli-29 Juli 2020 dan nantinya karya peserta diunggah melalui media sosial.

Direktur PP-IPTEK Kemenristek/BRIN M Syahrial Anas mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Khususnya pelajar tentang penanganan Covid-19 sehari-hari dan untuk mengisi waktu luang anak dan keluarga selama masa di rumah saja. “Doodle Art Science Contest mengangkat tema Me vs Covid-19 diikuti oleh siswa kelas 4-6 SD bersama orang tuanya ,” ujarnya.

Di kegiatan ini, peserta dapat menanggapi situasi pandemi Covid-19 melalui gambar doodle.  Kekompakan dan kebersamaan anak beserta orang tua akan terlihat di sini. Anak membuat gambar, orang tua mendampingi mengarahkan dan mendokumentasikan saat anak menggambar. Gambar doodle ini nanti akan dinilai juri berdasarkan kesesuaian gambar dengan tema, keunikan ide atau gagasan, komposisi warna yang menarik, serta narasi.

Selain Doodle Art, di waktu bersamaan diadakan juga Photography Contest untuk siswa SMP. Photography Contest merupakan kegiatan kompetisi dibidang fotografi yang dikemas dalam tema sains yang ada di sekitar kehidupan manusia sehari-hari. 

Kontes ini dilakukan dengan mengambil dan mengabadikan fenomena sains melalui kamera pada telepon selular sesuai dengan tema Science Behind Food and Beverages. “Untuk mengikuti kegiatan ini, peserta tidak perlu keluar rumah untuk mengambil objek foto mereka, namun bisa mengambil objek makanan atau minuman yang sudah tersedia atau dapat ditemukan di rumah,” ujarnya.

Selanjutnya hasil foto dinilai dewan juri berdasarkan kesesuaian foto dengan tema, keunikan ide atau gagasan, narasi yang menjelaskan konsep sains dalam foto, dan teknik fotografi yang menarik. Adapun penyelenggaraan Photography Contest dan Doodle Art Science Contest ini didukung oleh PP-IPTEK, Kemenristek/BRIN selaku Pembina Science Center di Indonesia. 

Dengan pelaksanaan Doodle Art Science dan Photography Contest di daerah ini diharapkan ketertarikan masyarakat di Povinsi NTT dan Kalbar terhadap sains akan lebih meningkat. Serta memupuk kebersamaan keluarga di tengah pandemi Covid-19.(bar)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!