BPK Minta Pemkab Sediakan Hidran di Pemukiman

HIDUP SEHAT: Sejumlah peserta dan undangan berfoto bersama. Pekan Sanitasi diisi berbagai kegiatan. Diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan hidup bersih dan sehat.Istimewa

SAMBAS – Badan Pemadam Kebakaran Swasta mendorong Pemerintah Kabupaten Sambas, menyiapkan sumber air berupa hidran (pompa air) umum di wilayah padat pemukiman warga. Hal ini sebagai langkah untuk melakukan antisipasi jika terjadi kebakaran. Sekretaris BPK Swasta Sambas, Yakob Pujana mengatakan berdasarkan pengalaman kejadian kebakaran belasan ruko di Pemangkat. Salah satu kesulitan yang dihadapi pemadam kebakaran adalah masalah sumber air.

“Memang di Pemangkat, sudah ada hydrant yang merupakan aspirasi anggota dewan. Hanya saja, yang jadi masalah adalah saat ada kebakaran ruko, listrik didaerah tersebut padam, sehingga hydrant yang terkoneksi dengan pipa PDAM tak bisa dipakai lantaran PDAM tak bisa menghidupkan mesin pompa ke pelanggan karena ketiadaan listrik,” kata Yakob Pujana.

Hal ini, tentunya menjadi kendala tersendiri. Sehingga Pemkab Sambas, harus bisa mencarikan solusinya. Sementara, untuk di Sambas kota sendiri. BPK swasta Sambas, sudah menyiapkan saluran pipa khusus untuk wilayah Pasar, yang langsung diambilkan dari air Sungai Sambas Besar. Dan untuk pemompanya, sudah disiapkan mesin tersendiri, sehingga tak hanya mengandalkan suplai listrik.

“Kami sebenarnya sudah memasang empat titik hydrant di sepanjang Jalan Tionghua, hingga sekitar terminal. Dan ini kami siapkan untuk mengantisipasi kesiapan air jika ada kebakaran,” katanya. Kondisi ini, tentunya harus dipersiapkan. Terlebih di wilayah yang sulit sumber air, seperti Pemangkat dan kecamatan lainnya.

Terlebih, kondisi pemadam kebakaran swasta yang ada di Kabupaten Sambas terutama Kota Sambas. Kendaraan tangki air hanya satu, sehingga jika sumber air jauh, harus mencari air dulu. “Kalau memadamkan api, kemudian ditinggal mencari air ke sumber air, kurang efektif,” katanya.(fah)

Read Previous

Jangan Ada Makelar Tanah

Read Next

Berbagi Ceria Bersama Anak Yatim

Tinggalkan Balasan

Most Popular