BPN Sanggau Serahkan Sertifikat Tanah Surau Al-Badrul Munir

SANGGAU – Sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan kepada publik, khususnya masyarakat pemohon, Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sanggau menerapkan program pelayanan dengan mengantarkan produk sertifikat tanah langsung ke rumah masyarakat pemohon.

Pelayanan perdana dari program Delivery Service dilakukan dengan mengantarkan sertifikat tanah waqaf Surau Al-Badrul Munir yang beralamat di Jalan Sutan Syahrir, Rabu (15/7).

Prosesi penyerahan sertifikat tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor Pertanahan Sanggau diwakili Kasubsi Pemeliharaan Data dan Pembinaan PPAT Kantor Pertanahan Sanggau, Resanora Ayu Gercia dan diterima langsung oleh Ketua Takmir Surau Al-Badrul Munir Ishak.

Selaku Takmir Surau, Ishak merasa bersyukur bahwa sertifikat tersebut telah diterbitkan. “Kami sangat senang dan bersyukur sekali setelah sekian lama sejak berdirinya surau ini tahun 1982 belum memiliki kepastian hukum terhadap tanahnya, dan telah berkali-kali diusulkan namun sering terkendala,” ungkapnya.

“Kami berterimakasih kepada Kantor Pertanahan yang telah memberikan kemudahan dalam pengurusan sertifikat ini. Demikain juga kepada Waqif yang telah mewaqafkan tanahnya untuk didirikan surau ini,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala BPN Sanggau, Zulfitriansyah mengatakan bahwa dalam upaya peningkatan pelayanan, Kantor Pertanahan Sanggau melaksanakan program delivery service sebagai inovasi pelayanan dibidang pertanahan.

“Tujuanya yauntuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam kepengurusan sertifikat. Sementara ini sasaran diprioritaskan bagi pemohon yang berusia lanjut, sakit atau cacat dan disabilitas serta rumah ibadah yang berdomisili di Kota Sanggau artinya dekat dan terjangkau,” jelasnya via sambungan telepon.

“Selain itu untuk inovasi lebih lanjut, terhitung tanggal 8 Juli 2020 seluruh layanan terkait hak tanggungan dilaksanakan secara elektronik, tidak lagi secara manual sehingga diharapkan proses pelayanan sedikit lebih cepat. Kemudian dalam layanan pertanahan ini kami juga telah melaksanakan Zona Nilai Tanah (ZNT) untuk sebagian wilayah Kabupaten Sanggau,” terang dia. (sgg)

loading...