BPS Harap Partisipasi Masyarakat Sukseskan SP 2020

BPS Kalimantan Barat saat mneggelar Workshop Wartawan 2019 di Hotel Maestro, Rabu (20/11).

PONTIANAK – Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini sedang bersiap-siap melakukan Sensus Penduduk di tahun 2020 mendatang. Kepala BPS Kalbar, Pitono menyatakan, Sensus Penduduk 2020 (SP 2020) memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan yang dilakukan sebelumnya. Diperlukan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan sensus yang digelar 10 tahun sekali itu.

“Sensus penduduk tahun 2020 sedikit berbeda dibandingkan dengan sensus sebelumnya. Jika sebelumnya kami menggunakan metode tradisional atau pencacahan tradisiona, tahun 2020 nanti kita menggunakan metode kombinasi,” ungkap Pitono saat kegiatan Workshop Jurnalis 2019, Rabu (20/11).

Metode Kombinasi yang dimaksudnya, adalah metode sensus yang dilakukan dengan dua cara, yakni menggabungkan metode tradisional yang pencacahan lapangan secara penuh, dengan metode yang memanfaatkan data registrasi yang tersedia, baik data registrasi individual maupun rumah tangga. Jadi, metode kombinasi ini, menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus, yang kemudian dilengkapi dengan sampel survei.

Pitono menyampaikan, sensus penduduk tahun depan akan sangat membutuhkan partisipasi masyarakat, karena menggunakan sistem daring. Pada tahap pertama, metode pencacahan lengkap yang dilakukan secara daring dari tanggal 15 Februari-31 Maret 2020. Kemudian dilanjutkan dengan  wawancara  pada 1-31 Juli 2020. Sementara untuk tahap kedua, pihaknya akan melakukan pencacahan sampel pada tahun 2021.

“Karena secara online, semua masyarakat bisa meng-update datanya melalui laman resmi BPS. Siapa yang belum meng-update dirinya, nanti akan dilakukan sensus secara konvensional, atau turun ke lapangan,” kata dia.

Pihaknya juga menggunakan data-data dari berbagai pihak yang akan menjadi referensi bagi BPS. Pitono bilang, BPS akan mengumpulkan data registrasi penduduk dari Kementerian Dalam Negeri, atau Dinas Catatan Sipil untuk yang ada di masing-masing provinsi. (sti)