Buat ID Billing itu Mudah 

PENYULUHAN: KP2KP Sekadau menyelenggarakan penyuluhan ‘Pembuatan ID Billing Mandiri’ terhadap pelaku UMKM, Selasa (17/9).IST

SEKADAU—Kantor Penyuluhan Pelayanan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sekadau menyelenggarakan kegiatan penyuluhan bertemakan “Pembuatan ID Billing Mandiri” terhadap pelaku UMKM lingkup Kabupaten Sekadau, Selasa (17/9). Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan wajib pajak dalam pembayaran pajak UMKM sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2018 mengenai tarif pajak 0,5% dari omzet.

Kegiatan dibuka oleh pegawai KP2KP Sekadau Rizki Alyusra. Dia menjelaskan, pendapatan negara pada APBN 2019 sebanyak Rp2.165,1 triliun, dimana 72.9% berasal dari pajak. Selain itu, uang pajak yang  dibayarkan akan digunakanuntuk transfer ke daerah, pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial dan banyak lagi.

Rizki juga menegaskan bahwa Indonesia memerlukan peran serta semua pihak dalam mengamankan penerimaan negara demi menjaga kelangsungan dan kemandirian negara. “Caranya ialah dengan melakukan pembayaran pajak tepat waktu dan melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan,” jelas Rizki.

Selanjutnya materi dipaparkan oleh Putra Bungsu Aritonang. Putra mengatakan, “Bayar pajak lebih mudah dengan e-Billing. Pembuatannya bisa melalui situs resmi DJP Online, Twitter, Live Chat, Kring Pajak dan banyak lagi.”

Putra menambahkan, “Wajib pajak tidak perlu lagi datang ke kantor pajak apabila ingin membayar pajak bulanan, cukup menggunakan gadget (smartphone) maupun PC (personal computer) yang terkoneksi dengan internet. Setelah itu tinggal pilih berbagai macam fasilitas yang DJP berikan untuk pembuatan ID Billing mandiri.”

Untuk pembayarannya dapat dilakukan dengan menggunakan ID Billing tersebut pada Teller Bank, Kantor Pos, ATM/Mini ATM, Internet Banking dan Mobile Banking (hanya pada bank tertentu).

Salah seorang peserta bernama Ali yang mewakili ayahnya untuk hadir berkata, “Sebelumnya ayah bayar pajak tiap bulan dengan buat ID Billing ke kantor pajak. Setelah mengikuti kegiatan ini, saya akan membuat ID Billing sendiri dan menyadari bahwa pembuatan ID Billing itu mudah.” Peserta lainnya juga diajarkan pembuatan ID Billing dengan menggunakan Smartphone masing-masing. (r/*)

Read Previous

Ini Bukan Antonsen yang Dulu

Read Next

Ahli Keuangan yang Senang ke Lapangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *