Buaya Dua Meter Terjerat Pukat Warga

Warga saat mengevakuasi buaya dari perairan ke darat usai terjerat pukat di Jl. Malindo Teluk Karang RT 41 RW 07 Kel Sedau Kec Singkawang Selatan. foto Hari

SINGKAWANG–Seekor buaya sepanjang dua meter terjerat pukat warga di Jl. Malindo Teluk Karang RT 41 RW 07 Kel Sedau Kec Singkawang Selatan, Rabu (12/2) sekitar pukul 14.00 wib.

Menurut Kapolsek Singkawang Selatan, AKP Nurdin mengatakan buaya tersebut ditemukan warga bernama Rendi, yang tak lain pemilik pukat.

Saat itu, ia ingin mengambil pukat yang diletakkan pada perairan Kuala Sedau, sesampainya di Kuala Sedau Rendi melihat ada seekor buaya yang terjaring pada pukat miliknya, selanjutnya ia memanggil Tedi untuk membantu mengambil buaya yang terjaring pada pukat miliknya.

“Selanjutnya buaya tersebut berhasil diamankan keduanya dalam keadaan hidup dan terikat dengan panjang sekira 2 meter,” ungkap Kapolsek.

Saat ini buaya tersebut berada di daratan Jl. Malindo Teluk Karang RT 41 RW 07 Kel Sedau Kec Singkawang Selatan. Ia pun menyampaikan tidak terdapat korban jiwa atas penangkapan buaya tersebut, namun evakuasi buaya menjadi perhatian warga sekitar.

Sementara itu, Tim BKSDA III Singkawang begitu mendapatkan kabar terangkapnya buaya di Keluarahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan langsung melakukan penjemputan.

Tim evakuasi BKSDA yang dipimpin Plh BKSDA III Singkawang Syamsi, A. Md mengatakan pihaknya sudah melakukan evakuasi terhadap buaya.
“Ini Buaya muara (Crocodylus porosus), saat ini kita titiprawatkan di LK Sinka Island Park,” ungkapnya.

Menurut Syamsi, buaya tersebut jenis kelamin jantan dan sudah berumur dewasa, serta kondisinya sehat. (har)

loading...