Buka Pendaftaran PPK

Ahmad Yani

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu akan membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kapuas Hulu tahun ini. Berdasar jadwal dan tahapan Pilkada serentak tahun ini bahwa proses pembentukan PPK dimulai sejak 15 Januari hingga 14 Februari.

KPU akan segera mengumumkan pendaftaran seleksi calon anggota PPK sepanjang 15 – 17 Januari, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Kapuas Hulu Ahmad Yani menjelaskan, dalam perekrutan anggota PPK, mereka mengajak dan mengimbau kepada masyarakat Kapuas Hulu yang ingin ikut berkontribusi dan menjadi bagian dari penyelenggara Pilkada serentak untuk segera mempersipakan diri.

“Adapun syarat untuk menjadi anggota PPK, di antaranya WNI, berusia paling rendah 17 tahun, tidak menjadi anggota partai politik, pendidikan paling rendah SMA, belum pernah menjabat dua kali periode sebagai anggota PPK dalam jabatan yang sama, serta tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu di semua tingkatan,” kata Yani.

Kemudian diingatkan dia mengenai dokumen yang harus dipersiapkan calon anggota PPK yaitu fotokopian KTP-elektronik, pas foto 4×6 sebanyak empat lembar, surat pendaftaran bermaterai Rp6.000, serta daftar riwayat hidup. Kemudian, dia menambahkan, juga harus melampirkan fokocopian ijazah pendidikan terakhir dan legalisir (minimal SLTA), surat pernyataan, serta surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit.

Terkait dengan penyampaian dokumen dimaksud, menurutnya, bisa langsung disampaikan ke KPU Kabupaten Kapuas Hulu dengan alamat Jalan Lintas Utara Nomor 11 Pala Pulau –Putussibau atau bisa melalui petugas penghubung di setiap kecamatan di kantor kecamatan sesuai domisili pendaftar atau bisa juga via email ke herryjamesboon@gmail.com, mulai 18 Januari hingga 24 Januari.

Yani menambahkan, kebutuhan PPK di setiap kecamatan sebanyak lima orang, sehingga dari 23 kecamatan yang ada, KPU akan merekrut sebanyak 115 orang sebagai anggota PPK. (arf)

loading...