Bukit Angkih, Ikon Wisata Desa Pawis

INDAH: Pemandangan Bukit Angkih dari udara memperlihatkan deretan perbukitan yang memikat wisatawan untuk menghampiri lokasi tersebut.MIFTAH/PONTIANAKPOST

NGABANG – Desa Pawis, Kecamatan Jelimpi kini memoles salah satu tujuan wisata favoritnya, Bukit Angkih. Dengan berbagai sentuhan di sana-sini, Bukit Angkih kini semakin digemari pengunjung.

Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit atau 22 kilometer dari Ngabang. Anda tinggal menuju pusat desa. Dari sana akan ada petunjuk untuk menaiki bukit tersebut. Di atas bukit, anda akan disuguhkan pemandangan deretan perbukitan di Kecamatan Jelimpo. Ditemani minuman dingin dari kantin yang didirikan warga, membuat suasana semakin sejuk.

Kepala Desa Pawis, Laong menceritakan, dahulu, wilayah tersebut belum semaju sekarang. Awal mula pembangunan objek wisata tersebut karena melihat antusias warga pasar Ngabang yang rutin mengunjungi desanya.

Barulah pada awal 2019, pihak desa berinisiatif untuk mengembangkan lokasi seluas 10 hektare tersebut. “Semua ini berawal dari kunjungan masyarakat dari pasar Ngabang yang cukup ramai datang ke desa Pawis, karena air ditempat ini sangat bagus, jernih dan dingin kemudian mereka mandi dan lama-kelamaan kunjungan itu semakin meningkat,” kata Laong, saat ditemui Pontianak Post, Minggu (1/9) lalu.

Pengembangan objek wisata tersebut, kata dia menggandeng pihak ketiga dari kabupaten. Hal itu karena pengembangan membutuhkan anggaran yang besar serta letaknya yang berada diatas bukit. Dari dana itu pihak desa juga akan membangun beberapa fasilitas umum lainnya bagi pengunjung. Sedangkan bagi masyarakat kita akan bangun lapak untuk berjualan seperti durian dan buah-buahan lainnya.

Tak hanya menawarkan pemandangan alam, lokasi tersebut juga mengundang wisatawan dengan hadirnya hasil pertanian. Dan kebetulan, kaki bukit tersebut memiliki banyak sekali buah durian. “Kita berharap semua itu memberikan efek positif bagi masyarakat disini,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Landak mengapresiasi Bukit Angkih untuk menjadi ikon wisata di Desa Pawis, Kecamatan Jelimpo. Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa menyampaikan dukungannya terhadap Pemerintah Desa Pawis atas Bukit Angkih yang ditata sehingga menjadi ikon wisata desa tersebut.

“Kita sangat mengapresiasi atas kinerja Desa Pawis yang sudah membuat objek wisata tersebut dan tentunya kita juga berharap Bukit Angkih ini dapat menjadi ikon wisata serta dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitarnya guna mendukung pariwisata di Kabupaten Landak,” ujar Bupati Landak, Senin (2/9). (mif)

Read Previous

Bimbing Santri Al Fatah Berwirausaha

Read Next

Usul Berdayakan Guru Honorer

Tinggalkan Balasan

Most Popular