Bulu Tangkis Olahraga Pilihan Masyarakat di Tengah Covid

PONTIANAK-Olahraga bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang digandrungi saat pandemi covid 19. Permainan berjarak antara lawan satu dan lainnya membuat cabor yang banyak menyumbang prestasi internasional bagi Indonesia makin digemari.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Provinsi Kalimantan Barat, Vico menuturkan di tengah pandemi covid 19 masyarakat semakin intens untuk berolahraga. Bersepeda menjadi trend masyarakat saat pandemi covid. Berolahraga sepeda dilakukan masyarakat sebab dipandang tidak menyebabkan kerumunan. Olahraga ini juga dapat berjarak dan bisa dimainkan oleh individu.

Selain bersepeda. Banyak orang memilih olahraga bulu tangkis di saat pandemi covid 19 sekarang. Dirinya yang juga pemilik salah satu gedung penyewaan bulu tangkis di Kota Pontianak menyatakan, hampir setiap malam tidak ada jadwal kosong di tempatnya.

“Masyarakat semakin rajin berolahraga. Untuk bulu tangkis, di tempat penyewaan lapangan saya, hampir tidak ada jadwal kosong untuk jam malam. Dimulai dari pukul tujuh malam hingga sebelas malam. Semuanya sudah terisi,” ujar Vico kepada Pontianak Post.

Mungkin karena permainan bulu tangkis tidak langsung berbentur tubuh antara pemain satu dan pemain lawan yang bertanding. Adanya pembatas jaring net yang berada di tengah lapangan membuat olahraga ini tetap aman dimainkan di tengah covid.

Sebagai pengelola lapangan bulu tangkis. Di tengah covid 19 pihaknya juga menerapkan standar protokol kesehatan tentang covid dari pemerintah. Saling jaga jarak, masker pagi pengunjung hingga penyediaan tempat cuci tangan telah disediakan.

Antisipasi penularan covid di lapangannya. Iapun melarang pemain untuk merokok di pinggir lapangan. Tujuannnya untuk menghindari kepulan asap yang bakal menganggu sirkulasi udara di tengah lapangan. Selain itu, kepulan asap rokok dikhawatirkan dapat menjadi media menularkan covid 19.

Olahraga bulu tangkis juga dapat dimainkan oleh orang awam. Bahkan bagi pemula dapat langsung bermain bola. Kuncinya, bisa servis dan mengembalikan bola dari serangan lawan. Sisanya, bisa dipelajari. Seperti Teknik memegang raket, menyemes, servis hingga melatih fisik buat permainan rally. “Jika rutin, saya percaya performa dan fisik pemain bakalan semakin baik. Disitu, mereka juga bisa belajar penerapan strategi pertandingan,” ujarnya.

Selain menghasilkan keringat dan membuat tubuh menjadi bugar. Olahraga bulu tangkis juga mampu meningkatkan imun tubuh seseorang. Bila imun tutubuh seseorang dalam keadaan bagus, diyakini orang tersebut akan jauh terhindar dari penularan covid.

Oleh sebab itu, masyarakat dianjurkan untuk rutin berolahraga. Selain bulu tangkis, olahraga yang sifatnya individu dan dapat mengeluarkan banyak keringat, sangat dianjurkan di tengah covid seperti ini. Kuncinya juga harus menakar fisik masing-masing. Dengan berolahraga sesuai takar tubuh. Diyakini tubuh akan semakin sehat dan dijauhkan dari covid 19.(iza)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!