Bupati Dorong Listrik PLN Segera Terpasang di Temajuk

H Satono

SAMBAS – Kurangnya infrastruktur di daerah perbatasan, khususnya Desa Temajuk Kecamatan Paloh, akan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Sambas untuk terus didorong ke pusat melalui kementerian dan lembaga terkait untuk percepatan.

Salah satunya adalah pemenuhan listrik dari PLN, yang sampai sekarang belum sepenuhnya dinikmati masyarakat Desa Temajuk, yang merupakan desa yang berbatasan langsung dengan wilayah di Negara Malaysia.

Bupati Sambas, H Satono mengakui belum lama ini dirinya ke Desa Temajuk Kecamatan Paloh. Dirinya merasa prihatin dengan kondisi kurangnya sarana dan prasarana seperti listrik diwilayah itu. “Sudah memasuki akhir 2021 masyarakat disana (Desa Temajuk) belum sepenuhnya merasakan nikmatnya listrik PLN,” kata Satono.

Bahkan, karena belum adanya listrik PLN muncul ungkapan ditengah masyarakat jika mereka belum merasa merdeka. “Masih belum ada listrik dari PLN, makanya mereka bilang rasanya belum merdeka,” katanya.

Belum adanya aliran listrik PLN, disampaikan Satono, masyarakat di Desa Temajuk mengandalkan generator dan tenaga surya, yang itu biasanya dinyalakan pada malam atau siang hari sesuai keperluan. “Bahkan ada warga yang sama sekali tidak punya listrik,” katanya.

Kondisi inilah, sebutnya, pihaknya di Pemkab Sambas akan mendorong semua pihak, mulai dari di tingkat kabupaten, provinsi serta pusat, terutama PLN Sebagai leading sektor untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan ini.

“Masalah listrik di Desa Temajuk harus diselesaikan bersama, tidak hanya peran pemerintah daerah tapi juga pemerintah pusat dan PLN sebagai leading sektor kelistrikan negara, bagaimana percepatan pembangunan kelistrikan didaerah perbatasan ini bisa dipercepat,” katanya.

Lantaran, listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting, terutama dimasa serba teknologi saat ini. “Masalah listrik, sangat mendesak untuk diselesaikan. Sebab, hal itu berdampak pada banyak sektor, diantaranya pendidikan dan kesehatan,” katanya. (fah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!