Bupati Ikut Padamkan Karhutla

PADAMKAN API: Bupati Kayong Utara Citra Duani ikut melakukan pemadaman api di lahan yang terbakar di Dusun Sungai Jambu, Desa Nipah Kuning, Kecamatan Simpang Hilir, Selasa (13/8). HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

TELUK MELANO – Bupati Kayong Utara Citra Duani terjun langsung melakukan pemadaman api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Medan Jaya dan Dusun Sungai Jambu, Desa Nipah Kuning, Kecamatan Simpang Hilir, Selasa (13/8). Saat di lokasi, Bupati tidak sungkan-sungkan membantu para petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Saat di lokasi, Bupati mengatakan lahan gambut dan terbatasnya sumber air membuat api susah untuk dipadamkan, serta hampir menghanguskan perkebunan warga. “Saya melihat kebakaran yang terjadi ini dikarenakan lahan di sini tanahnya gambut serta sumber air juga sulit, sehingga api susah untuk dipadamkan dan menjalar ke perkebunan warga. Namun dengan bantuan para pemadam kebakaran dan warga di sini, Alhamdulillah api yang tadinya sudah hampir menghanguskan perkebunan warga sudah bisa dipadamkan,” ucap Citra.

Bupati menjelaskan, untuk memadamkan api di Kecamatan Simpang Hilir ini, tim pemadam kebakaran telah membagi armadanya di dua titik untuk memadamkan karhutla. Dua titik yang dimaksud yakni di Desa Medan Jaya dan Dusun Sungai Jambu. Sebab, sambung dia, untuk kedua daerah tersebut memiliki lahan yang gambut, sehingga api mudah untuk menjalar hingga ke permukiman warga.

Orang nomor satu di Kayong Utara ini pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap selalu mengontrol titik api yang berada di sekitar. Jika melihat sumber api, ia berpesan agar dapat segera menghubungi petugas pemadam kebakaran. “Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu berjaga-jaga serta mengontrol titik api. Apabila melihat sekecil apapun sumber api tersebut agar segera padamkan sehingga tidak terjadi kebakaran yang besar dan menjalar hingga perkembunan warga,” ungkapnya.
Untuk diketahui, di lokasi tersebut merupakan kunjungan kerja Bupati di Desa Medan Jaya dan Dusun Sungai Jambu, Desa Nipah Kuning, didampingi Kepala BPBD Kayong Utara, Plt. Kepala Dinas PU Kayong Utara, Kasat Pol PP, Camat Simpang Hilir, TNI, serta Polsek Simpang Hilir. (dan)

Read Previous

Pendapatan Naik hingga Rp114 Miliar

Read Next

Promosikan Objek Pariwisata Bersama Budaya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *