Bupati Minta Warga Disiplin Terapkan Protap Kesehatan

HADIR: Bupati Mempawah, Erlina hadir saat warga menerima menerima BLT DD di Desa Sungai Rasau. ISTIMEWA

MEMPAWAH – Bupati Mempawah, Erlina menghadiri penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa tahap IV di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Sungai Pinyuh, Selasa (15/9) pagi. Di hadapan 124 kk penerima bansos, Erlina mensosialisasikan disiplin penerapan protap kesehatan.

“Saat ini, Pemerintah Kabupaten Mempawah telah menerbitkan Perbup nomor 50 tahun 2020 tentang disiplin penerapan protap kesehatan di masa pandemi Covid-19,” ungkap Erlina.

Maka, sambung Erlina, Pemerintah Kabupaten Mempawah bersama seluruh stakeholder semakin gencar melakukan sosialisasi tentang Perbup nomor 50 tahun 2020 dilingkungan masyarakat. Dia berharap masyarakat dapat memahami dan disiplin melaksanakan protap kesehatan tersebut.

“Dalam berbagai kesempatan, kami selalu mengingatkan masyarakat agar selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hindari keramaian serta selalu menjaga kebugaran tubuh,” pesannya.

Selain mengatur tentang protap kesehatan, sambung Erlina, Perbup nomor 50 tahun 2020 juga menetapkan sanksi bagi pelanggarnya. Sanksi dimaksud berupa teguran, tertulis, kerja sosial, denda uang Rp100 ribu, dilakukan swab serta menjalani karantina mandiri hingga hasil swab diumumkan.

“Jika nanti petugas melaksanakan razia masker dan menerapkan sanksi maka masyarakat tidak boleh keberatan atau protes. Sebab, petugas sudah mensosialisasikan dan menyampaikan aturan ini kepada masyarakat untuk dipatuhi dengan baik,” tegasnya.

Menurut Erlina, diterbitkanya Perbup nomor 50 tahun 2020 dimaksudkan untuk menjaga dan memproteksi masyarakat Kabupaten Mempawah agar tidak tertular Covid-19. Salah satu caranya dengan menegakan disiplin protap kesehatan di masyarakat.

“Kami minta masyarakat agar patuh dan disiplin menerapkan protap kesehatan. Sebab, penerapan protap kesehatan ini sangat penting untuk menjaga masyarakat dan keluarga dari acaman penularan Covid-19,” tuturnya.

Bupati minta peran aktif seluruh pihak untuk mensosialisasikan Perbup nomor 50 tahun 2020. Termasuk kepada jajaran Camat dan Kades di Kabupaten Mempawah. Sebab, sewaktu-waktu nanti petugas akan melaksanakan razia dan menegakan aturan tersebut.

“Saya minta Camat dan Kades sediakan masker gratis. Bagi masyarakat yang belum ada masker agar diberikan secara gratis. Silahkan gunakan anggaran dana desa. Saya berpesan kepada Kades dan Camat agar tidak melayani masyarakat yang tidak memakai masker saat datang ke kantor,” pungkasnya.(wah)

 

loading...