Bupati Sekadau Tindak Lanjuti Saran Legislatif

SEKADAU – Pemerintah Daerah (Pemda) Sekadau berjanji akan menindaklanjuti saran serta masukan dari pihak legislatif terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Sekadau Tahun Anggaran 2019.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Sekadau Zakaria, saat mewakili eksekutif pada Rapat Paripurna Jawaban Eksekutif terkait Pandangan Fraksi-fraksi mengenai LKPj, Kamis (30/4) di Gedung DPRD Kabupaten Sekadau.

“Tentu kami sangat berterima kasih di sini atas saran dan masukan yang menurut kami sangat berguna dalam proses membangun Pemerintahan Kabupaten Sekadau, yang sebelumnya disampaikan oleh anggota DPRD sekalian. Di mana saran dan masukan tersebut akan kami tindak lanjuti dan akan kami perbaiki di tahun anggaran yang akan datang,” janjinya. Yang pasti, ditegaskan Sekda bahwa jajaran Pemda Sekadau akan berusaha memberikan yang terbaik.

“Kami akan bekerja keras guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang akan datang, guna mendukung Kabupaten Sekadau ke depan yang lebih maju, mandiri, dan berdaya saing,” pungkasnya.

Sidang paripurna ini sendiri merupakan tindak lanjut atas penyampaian nota pengantar LKPj Bupati, yang sebelumnya tertuang dalam rapat paripurna pertama, Senin (27/4) lalu, di tempat yang sama.

Pemda yang dalam hal ini diwakili Sekda, turut menyampaikan penjelasan dari eksekutif terhadap pertanyaan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi Kabupaten Sekadau atas LKPj Bupati Sekadau Tahun Anggaran 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda menjelaskan bahwa pelaksanaan rapat tersebut dilangsungkan dalam rangka mewujudkan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam hal ini, termasuk menyanngkut persoalan LKPj yang disampaikan oleh Bupati, yang dijelaskan dia, secara umum memuat hasil  penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh Pemda.

“Dimana LKPj kepala daerah yang telah disampaikan kepada DPRD, selanjutnya dibahas oleh DPRD bersama pihak eksekutif. Ini dilaksanakan dalam rangka menghasilkan rekomendasi terhadap perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang sebagaimana pada 27 April kemarin kita sudah dengarkan terait pandangan-pandangan umum di fraksi DPRD Kabupaten Sekadau atas LKPJ Bupati Sekadau tahun  anggaran 2019,” terang Zakaria.

Terkait hal tersebut, pihaknya telah mencatat semua pertanyaan sekaligus masukan dan saran dari semua fraksi di DPRD Kabupaten Sekadau. Di samping itu, ia juga memastikan bahwa pihaknya telah meminta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, untuk memberikan jawaban dan penjelasan terhadap hal yang telah menjadi atesi dari para anggota DPRD.

Di sisi lain, ia juga tak lupa menyampaikan apresiasi dan terima kasih untuk para nggota DPRD yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk bersama membahas LKPj Bupati Sekadau tersebut. Dia berharap, melalui pembahasan yang dilakukan tersebut, dapat menghasilkan suatu rekomendasi terhadap jalannya penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Sekadau. (Sig)

loading...