Buru Pengemplang Pajak Kalbar

BERSAMA: Foto bersama Kanwil DJP Kalbar dengan Kepala Kejati Kalbar dan Kepala BIN Kalbar. IST

DJP, Kejati dan BIN Perkuat Kerja Sama

PONTIANAK—Jangan coba-coba mengemplang pajak di daerah ini. Soalnya, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalbar semakin memperkokoh kerja sama dalam penindakan terhadap pelaku tindak pidana di bidang perpajakan.

Selasa (28/1), Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Barat berkoordinasi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat Dr. Jaya kusuma, SH., M.Hum dan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kalimantan Barat Sony Arifianto, SH.

Kabinda didampingi oleh Kabag Operasi BIN Daerah Kalimantan Barat dan Kepala Kejati didampingi oleh Wakajati Rodogo Zega, SH., M.H., Aspidum Jabal Nur, S.H., M.H., Asintel Drs.Chandra  Yahya Wello, S.H., Dari pihak Kanwil DJP Kalimantan Barat Nampak hadir seluruh kepala bidang dan Kabag Umum serta Kepala KPP Pratama Pontianak Timur Porman Romianna Manihuruk dan KPP Pratama Mempawah Suharto.

Kepala Bidang P2IP Kanwil DJP Kalimantan Barat Swartoko mengatakan bahwa tujuan koordinasi tersebut untuk tercapainya kesepahaman dalam proses penegakan hukum dan dukungan terhadap DJP dalam menjalankan tupoksinya.

“Selama ini hubungan kerja sama antara instansi DJP, Kejati dan BIN sudah sangat erat dan dengan acara koordinasi tersebut semakin meningkatkan pemahaman dan kerja sama terutama dalam penegakan hukum tindak pidana di bidang perpajakan,” katanya.

Mengingat pentingnya peranan pajak bagi negara serta perlunya tindakan hukum terhadap para wajib pajak yang tidak menjalankan kewajiban perpajakannya dengan benar, maka pertemuan tersebut semakin memperkokoh kerja sama dalam penindakan terhadap pelaku tindak pidana di bidang perpajakan.

Beberapa waktu yang lalu juga sudah ada WP yang diserahkan kepada kejaksaan dan juga ada yang sudah diputuskan bersalah di pengadilan. (r/*)