Cakupan JKS-KIS Tertinggi di Kalbar, Kayong Utara Kembali Deklarasikan Universal Health Coverage

SUKADANA-Pemerintah Kabupaten KayongUtara, Kalimantan Barat menunjukan komitmen dan dukungannya pada Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Hal tersebut dibuktikannya Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menerima piagam dari BPJS Kesehatan atas capaiannya dalam Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta bagi masyarakatnya, Selasa (15/9) di istana rakyat (Pendopo Bupati).

Untuk itu, atas tercapainya Jaminan Kesehatan Semesta di Kayong Utara membuktikan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara berkomitmen dalam
meningkatkan derajat kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Dalam kegiatan sosialisasi sekaligus deklarasi UHC yang dilaksanakan di Istana Rakyat Pendopo Bupati Kayong Utara, Bupati Kayong Utara Citra Duani mengatakan, jaminan Kesehatan sangat diperlukan oleh masyarakat terutama yang saat ini dalam keadaan sakit dan tidak mampu membiayai pengobatannya.

Selanjutnya Citra menjelaskan, ini merupakan kali kedua Kabupaten Kayong Utara berhasil mencapai UHC atau Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan masyarakatnya.

“Pada bulan maret tahun 2019 Kabupaten Kayong Utara telah mecapai UHC untuk pertamakalinya, setelah itu jumlah cakupan kepesertaannya sempat menurun sehingga sejak September 2019 sampai dengan bulan Januari 2020 Kabupaten Kayong Utara tidak lagi mencapai UHC,” jelas Citra.

Atas hal ini, Bupati Citra Duani mengucapkan terimakasih berkat dukungan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Kayong Utara kembali mencapai UHC dengan cakupan kepesertaan 95,44%.

Dengan capaian UHC ini, sambung Bupati pendaftaran bagi penduduk yang didaftarkan pemerintah Kayong Utara dapat langsung aktif tanpa harus menunggu mekanisme cutoff.

Bupati menjelaskan, hingga 1 Agustus 2020 sebanyak 121.493 jiwa dari jumlah penduduk sebanyak 127.301 jiwa penduduk Kabupaten Kayong Utara sudah tercover dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional, kalini berarti 95,44% masyarakat sudah mempunyai perlindungan Jaminan Kesehatan.

“Dengan demikian Kabupaten Kayong Utara kembali menjadi satu-satunya kabupaten yang telah lebih dulu mencapai Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan masyarakatnya di Provinsi Kalimantan Barat,” terang Citra Duani.

Sementara, Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung BPJS Kesehatan Donni Hendrawan yang juga hadir dalam kegiatan sangat mengapresiasi pencapaian dan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

“Capaian cakupan kepesertaan yang tinggi di Kabupaten Kayong Utara ini merupakan wujud nyata komitmen dari jajaran pemerintah Kabupaten Kayong Utara untuk hadir memberikan proteksi kesehatan bagi seluruh penduduknya. Dengan komitmen yang kuat ini keyakin program JKN-KIS akan semakin luas dirasakan oleh masyarakat Indonesia,” tutur Deputi Direksi BPJS Kesehatan.

Donni menambahkan, salah satu manfaat unggulan yang dapat diterima oleh Peserta JKN-KIS termasuk peserta integrasi Jamkesda adalah portabilitas.
Dimana setiap pemegang kartu JKN KIS bisa mendapatkan pelayanan kesehatan difasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

“Saat ini sebanyak 22.957 fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan 2.544 Fasilitas Kesehatan Tingkat
Lanjutan telah menjadi Provider BPJS Kesehatan diseluruh Indonesia,” katanya.

Pada akhir sambutannya Donni berharap melalui kegiatan deklarasi ini semua pihak tetap berkomitmen dan terus bersinergi untuk tetap memberikan jaminan dan layanan kesehatan terbaik bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Kayong Utara. **

error: Content is protected !!