Cap Go Meh Pemangkat, Hadiah Parade Mobil Hias dan Tatung Capai Rp200 Juta

SAMBAS – Panitia Tri Dharma Perayaan Imlek 2571 dan Festival Cap Go Meh 2020 menyiapkan hadiah total hampir mencapai Rp200 juta untuk pemenang parade mobil hias dan uang pembinaan dalam pawai tatung Tri Dharma Pemangkat.

Ketua Panitia Perayaan Imlek dan CGM Tri Dharma Pemangkat, Atong menyebutkan dalam rangkaian acara Imlek 2571 dan Festival CGM 2020, sudah dimulai pada 25 Desember 2019 yakni pemasangan lampion di ruas jalan di Pemangkat.

Kemudian saat ini, hingga selesai masih dilaksanakan pembagian seribu paket sembako kepada warga kurang mampu.

“Saat ini, pembagian paket sembako masih dilaksanakan, misalnya pada Rabu (15/1), panitia bersama
forkopimcam Pemangkat membagikan sembako ke sejumlah dusun di Desa Penjajab,” kata Atong, saat menggelar konferensi pers persiapan Imlek dan CGM di Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pemangkat bersama dengan Camat Pemangkat, Kapolsek Pemangkat, Danramil 05 Pemangkat, Komandan Kompi B
Yonif 645 Gardatama Yudha, Danposmat TNI AL Pemangkat, dari Cabang Kejari Sambas di Pemangkat, Satpolairut Polres Sambas serta seluruh panitia Imlek dan CGM Tri Dharma Pemangkat.

Dalam pembagian paket sembako, Atong dan seluruh panitia Imlek dan CGM Tri Dharma turun langsung ke Dusun Nelayan Desa Penjajab Pemangkat. Masyarakat kurang mampu yang menerimapun, menyampaikan ungkapan terimakasih dan mereka menyebutkan setiap tahun, bantuan seperti ini
hampir dilaksanakan. Selanjutnya ke Dusun Penjajab, Melati, dan Banjar Pesisir. Penyerahan bantuan paket sembako juga dilaksanakan ke Panti Asuhan Eben Haizer di Desa Seberkat Tebas. Sebelumnya, yang sudah diserahkan juga yakni Pancur, Sinam, Sebangkau, Sungai Lakum, Jalan Sejahtera, Perapakan, Sungai Palai dan Lonam. Dan warga yang memberikan tak dipandang dari suku, agama ataupun golongan. Selama layak menerima, panitia sudah mendata untuk kemudian membagikannya.

Selanjutnya, adalah Jumat 24 Januari 2020, ibadah di vihara dan kelenteng, silaturahmi antar warga asyarakat untuk perayaan Imlek 2571. Kemudian panitia bersama dengan pihak lain, pada 2 Februari akan memulai pemasangan altar, panggung kehormatan, panggung hiburan, tenda dan lainnya di Jalan Mohd Hambal.

Kemudian pada 5 Februari 2020, akan dilaksanakan malam pembukaan ditandai dengan pesta kembang api, tarian kolosal, pagelaran seni dan budaya multi etnis, atraksi barongsai. Show artis dari Malaysia Jane Tan.

“Hiburan ini, akan berlangsung pada Kamis (6/2), yakni pagelaran seni, flashmob, dan show artis Huang Jia Mei dari Pontianak,” katanya.

Kemudian pada Jumat (7/2). Pagelaran seni dan budaya multi etnis serta parade mobil hias lampion. Khusus untuk parade ini, panitia menyiapkan hadiah total Rp40 juta. “Hadiah total untuk parade mobil hias, sebanyak Rp40 juta, untuk juara 1-5 dan lima yang beruntung,” katanya.

Kemudian pada Sabtu (8/2), dilaksanakan ritual tolak bala atau cuci jalan dari para tatung. Dilanjutkan pada malam harinya, malam puncak pagelaran seni dan budaya multi etnis dan show artis Ben Hou dari
Malaysia.

Pada Minggu (9/2), dilaksanakan parade tatung dan CGM 2020. Di kegiatan ini, panitia menyiapkan uang pembinaan cukup besar. Dimana untuk para tatung tandu yang beruntung undian yang diundi setelah parade. Untuk yang beruntung pertama mendapatkan Rp25 juta, ke dua Rp15 juta, ke tiga Rp10 juta, ke empat Rp5 juta, Kelima Rp2,5 juta.

Tak hanya sampai disitu, bagi yang beruntung 6 sampai dengan 20 masing-masing akan mendapatkan Rp2,5 juta. Kemudian bagi tatung tandu yang tak masuk 20 yang beruntung, tetap mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp500 ribu. Serta bagi tatung yang tanpa tandu, juga mendapatkan pembinaan masing-masing Rp250 ribu. Sehingga hadiah total untuk 1-20 mencapai Rp97.500.000 juta, kemudian untuk estimasi uang pembinaan untuk tatung tandu yang tidak mendapatkan undian 1-20, jika kurang lebih 100 orang maka kurang lebih Rp50 juta, kemudian untuk uang pembinaan tatung tanpa tandu dengan estimasi 50 orang maka jumlahnya Rp12.500.000.(fah)

loading...