Cara Mudah Bayar Pajak Tanpa Ke Kantor Pajak

e-filling

KODE BILLING: Dengan mengetahui cara memperoleh kode billing, wajib pajak tidak perlu datang ke KPP lagi. IST

PONTIANAK—Salah satu kewajiban wajib pajak adalah membayar pajak.  “Saat ini transaksi pembayaran pajak atau penyetoran pajak hanya dapat dilakukan secara elektronik  melalui bank atau pos persepsi dengan menggunakan kode billing,” kata Agus Suharno, kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi I KPP Pratama Pontianak Barat saat menerangkan kepada salah satu Wajib Pajak yang baru mengajukan permohonan NPWP di KPP Pratama Pontianak Barat, Rabu (18/9).

Agus mengatakan kode billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui Sistem Billing Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atas suatu jenis pembayaran atau penyetoran pajak. Kode billing terdiri dari angka sebanyak 15 digit, dan berlaku selama 30 hari sejak tanggal dibuat.

“Jadi, pembayaran pajak hanya bisa dilakukan apabila wajib pajak telah memperoleh kode billing yang dihasilkan dari Sistem Billing DJP,” katanya.

Agus menjelaskan beberapa wajib pajak datang ke kantor pajak untuk membuat kode billing. Mereka membuat kode billing secara mandiri melalui aplikasi layanan mandiri pembuatan kode biliing yang tersedia pada komputer yang disediakan oleh KPP.  Padahal hal itu tidak perlu dilakukan wajib pajak andai mereka tahu caranya.

“Dengan datang ke KPP, tentunya memakan waktu, baik waktu yang digunakan untuk perjalanan ke Kantor Pelayanan Pajak maupun waktu untuk mengantre.  Untuk efisiensi, ada baiknya wajib pajak membuat kode billing dari rumah atau kantor masing-masing tanpa harus datang ke KPP,” tambah Agus.

Untuk membuat kode billing tanpa harus datang ke KPP,  dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut, siapkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan email aktif dan dapat diakses. Selanjutnya Lakukan registrasi akun dengan cara masuk ke laman https://sse3.pajak.go.id/, klik tulisan/link  ‘Belum Punya Akun?’, masukkan ‘NPWP’ (15 digit. Otomatis akan muncul nama Wajib Pajak), lalu alamat ‘email’, lalu masukkan  ‘PIN’ yang Anda inginkan (6 digit), kemudian ‘ketik ulang PIN’, lalu masukkan ‘Kode Keamanan (captcha)’ yang tersedia, lalu klik daftar.

Setelah itu buka email Anda, lalu klik tautan yang dikirim dari sistem sse3.pajak.go.id, lalu masukkan NPWP, PIN yang telah Anda buat, kode keamanan (captcha) pada kotak dialog yang tersedia, lalu klik ‘Login’, lalu klik ‘Isi SSE’ pada kotak dialog yang tersedia, selanjutnya silakan buat kode billing sesuai jenis pajak dan masa pajak.

“Setelah kode billing dibuat, dapat dicetak atau disalin untuk selanjutnya digunakan untuk melakukan pembayaran pajak melalui bank/pos persepsi,” lanjut Agus.
Agus berharap dengan mengetahui cara memperoleh kode billing, wajib pajak tidak perlu datang ke KPP lagi hanya untuk memperoleh kode billing. “Bayar pajak tanpa datang ke kantor pajak,” kata Agus. (r/*)

Read Previous

Pemerintah Bikin Hujan Buatan

Read Next

Tetap Sehat Saat Kabut Asap

One Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *