Cegah Karhutla, Kodim Gelar Apel Satgas Huma

CEK KESIAPAN : Dandim 1203, Letkol Kav Jami'an, mengecek kesiapan sarana untuk penanggulangan karhutla pada Apel Satgas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru, kemarin (15/7). ISTIMEWA

KETAPANG – Komando Distrik Militer (Kodim) 1203 Ketapang menggelar Apel Satgas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa Ketapang pada Rabu (15/7). Apel yang berlagsung di halaman kantor Bupati tersebut dipimpin langsung Dandim 1023 Ketapang, Letkol Kavaleri Jami’an. Apel juga dihadiri Wakil Bupati Ketapang, Suprapto.

Dandim 1203 Ketapang, Letkol Kavaleri Jami’an, mengatakan apel dilaksanakan  dalam rangka tindak lanjut Undang-Undang Momor 34 Tahun 2004 tentang Tugas TNI dalam mengemban tugas operasi selain perang. Serta sesuai Peraturan Kasad TNI Nomor 37 Tahun 2018 tentang melanjutkan peningkatan kualitas serbuan teritorial.

“Sementara pembentukan satgas HUMA sendiri merupakan harapan dan doa kita semua agar kedepan masyarakat di daerah terus meningkatkan kesejahteraanya, sekaligus selalu memandang birunya langit tanpa membuka lahan dengan membakar,” katanya usai memimpin apel, kemarin (15/7).

Wakil Bupati Ketapang, Soeprapto, mengatakan pembukaan lahan tanpa membakar yang dicanangkan ini dapat menambah pengetahuan baru bagi masyarakat Ketapang. Selain itu, dapat menghindari dari kebakaran hutan dan lahan yang tentunnya merugikan semua pihak. “Mewakili Pemerintah Ketapang, saya mengimbau dan mengajak semua kalangan agar tidak membakar hutan dan lahan, sehingga kita semua dapat menghirup udara segar,” ajaknya.

Hadir dalam kegiatan, Kasiter Korem 121 ABW, Letkol Inf Daniel Edgar Syalom, Wakil Ketua DPRD Ketapang, Mathoji dan seluruh Forkopimda beserta pihak terkait. Rangkaian acara pencanangan buka lahan tanpa bakar tahun 2020 tersebut diawali dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Ketapang. Kemudian dilanjutkan Penjelasan singkat dari Manggala Agni Daops Ketapang tentang pembukaan lahan tanpa bakar. (afi)

loading...