Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Rutin Razia Masker

RAZIA: Jajaran Polsek Kuala Behe menggelar razia masker, Kamis (7/1). ISTIMEWA

NGABANG – Demi meningkatkan disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, sejumlah Polsek di Kabupatn Landak rutin melakukan razia operasi yustisi di wilayahnya.

Jajaran Polsek Kuala Behe menggelar operasi yustisi untuk memeriksa setiap pengendara yang melintas di jalan depan Mapolsek Kuala Behe di Dusun Sejaya Desa Kuala Behe, Kamis (7/1). Kapolsek Kuala Behe Ipda Rinto mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya pendisiplinan masyarakat agar tetap sehat dan selalu mengikuti protokol kesehatan. Sasaran dari operasi yustisi tersebut adalah masyarakat pengguna jalan yang tidak memakai masker.

Petugas pun tak segan memberikan sanksi berupa teguran lisan kepada masyarakat yang kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan/memakai masker dan sanksi sosial berupa membersihkan sampah di jalan dan di lingkungan polsek.

Kapolsek mengatakan bahwa salah satu perilaku yang rawan terjangkit penyebaran Covid-19 adalah salah satunya tidak memakai masker sehingga wajib menerapkan 4 M untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Kuala Behe.

“Ditahun 2021 ini mungkin disiplin masyarakat mulai menurun dalam mematuhi Protokol Kesehatan padahal Covid-19 belum berakhir, untuk itu Polsek Kuala Behe dengan segala upaya tetap mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu 4M : memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ungkap Kapolsek.

Operasi serupa juga dilaksanakan oleh jajaran Polsek Sengah Temila di jalan raya depan Mapolsek, Kamis (7/1) pagi. Operasi rutin dilaksanakan dalam rangka penegakan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulianus Van Chanel mengatakan operasi ini rutin dilaksanakan untuk mendorong serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Pada kegiatan ini kami juga melibatkan personil dari Puskesmas Pahauman,” ucap Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulianus Van Chanel

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada warga masyarakat khususnya masyarakat kecamatan sengah temila agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, Chanel juga membeberkan bahwa dalam operasi uustisi tersebut ada tiga  orang pelanggar yang terjaring razia tidak menggunakan masker. “Kita catat biodatanya, dan didokumentasikan, serta kita beri imbauan,” ucapnya. (mif)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!