Cegah Stunting Dengan Donor Darah

BERBINCANG: Bupati Sintang Jarot Winarno tegah berbincang ke masyarakat Kecamatan Binjai Hulu dalam menyampaikan pentingnya donor darah. ISTIMEWA

SINTANG – Dalam pencegahan stunting di Kabupaten Sintang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang gencar melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan giat donor darah. Donor darah ini diharapkan mampu cegah stunting. Giat pun dimulai dari Kecamatan Binjai Hulu.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengungkapkan, penting bagi masyarakat memahami bahwa donor darah yang dilakukan ini sebagai salah satu langkah antisipasi mencegah stunting.

“Saya jadi dokter di pedalaman bantu orang sakit, pak Sinto (Kepala Dinas Kesehatan Sintang, RED) pun demikian juga, tenaga-tenaga kesehatan yang lainnya pun demikian. Tetapi filosopi dari bank golongan darah ini lebih luhur dari apa yang telah kami lakukan,” kata Jarot dihadapan masyarakat.

Orang nomor satu di Bumi Senentang ini juga memaparkan, donor darah yang dilakukan ini memiliki prinsip dalam membagi kehidupan pada orang lain. Dijelaskan Jarot, dengan adanya bank darah ini, manfaatnya jelas untuk menolong dan menyelamatkan banyak manusia.

“Sehingga ketika kita melakukan donor darah itu sudah diniatkan dengan ikhlas  bahwa saya akan membantu siapapun tanpa memandang golongan, agama, status sosial dan lainnya. Niatkan bahwa saya ikhlas membantu siapa saja yang membutuhkan darah saya,” ungkapnya.

Disisi lain, kata Jarot, kelemahan yang ada saat ini adalah tidak terdata dengan baik donor darah yang dilakukan oleh masyarakat. Ini penting, lanjut Jarot, untuk membangun sebuah database bank darah.

“Kalau memiliki bank golongan darah harus seperti ini, relawannya bagus, teratur, mulai dari forkopimcam, para kepala desa, perangkat desa dan BPD semuanya membantu, relawannya juga giat, kemudian yang paling penting itu terdata dengan baik,” tutur Jarot lagi.

Menurut Jarot, bagi masyarakat yang membagikan darah juga dapat manfaat. Paling tidak ada 12 manfaat donor darah yang teratur, mulai dari yang sederahana seperti untuk mengetahui golongan darah diri sendiri, dapat menjaga kesimbangan zat besi dalam badan, mengontrol kolestrol, gula darah, lalu kalau kita sudah donor ni ada rasa bahagia, senang menghindarkan stress.

“Jadi kalau sidak nuan, bapak ibu, dak duan kalao pikiran agak stress donor darah jak, nanti stressnya pasti berkurang, jadi kegiatan ini luar biasa,” ucap Jarot dengan logat melayu.

Terakhir, Bupati Sintang ini juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan di Kecamatan Binjai Hulu ini. Menurutnya, ke depan tidak hanya terdata dengan baik, tapi juga pada saat acara tersebut yang menyumbangkan darahnya pada kegiatan itu menggunakan seragam yang berbeda sesuai dengan golongan darah masing-masing.

“Terima kasih kepada para relawan, bapak atau ibu untuk kesiap-siapannya untuk berbagi kehidupan dengan orang lain, kepada kepala desa, BPD, tokoh masyarakat, forkopimcam dan lainya. Saya apresiasi sekali, ini kali kedua saya hadir, tahun lalu juga demikan,” tutupnya. (fds)

error: Content is protected !!