Cegah Stunting Masa Kehamilan

SOSIALISASI: Ketua TP PKK Pontianak, Yenieta Arbiastutie usai kegiatan sosialisasi stunting.HUMAS PEMKOT PONTIANAK

PONTIANAK – Tim Penggerak PKK Kota Pontianak bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Pontianak menyelenggarakan talkshow kesehatan dengan mengambil tema cegah stunting itu penting untuk generasi sehat, cerdas dan berkualitas di aula UPTD puskesmas Siantan Hilir kecamatan Pontianak Utara, Selasa (3/9).

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh dimana tinggi badan anak ternyata lebih rendah dibandingkan tinggi badan anak seumurannya dan salah satu penyebabnya adalah kurang asupan gizi selama 1.000 hari pertama kehidupan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie mengatakan pencegahan stunting sangat penting dimulai masa kehamilan hingga melahirkan. “Saya sengaja mengundang pasangan muda yaitu ibu hamil didampingi oleh suami untuk mengikuti kegiatan ini karena ini sangat penting untuk diketahui,” ujar Yanieta.

Menurut Yanieta, untuk mencegah terjadinya stunting tidak hanya merupakan tanggung jawab ibu hamil saja tetapi peran suami juga sangat penting. “Suami sebagai pasangan harus memperhatikan asupan gizi yang dimakan oleh ibu hamil karena hal ini akan berdampak pada calon bayi jangan sampai kekurangan gizi pada seribu hari pertama kehidupan,” ucapnya.
Sebagai orang terdekat pendamping ibu yang sedang hamil, suami diminta lebih banyak lagi memberikan perhatian dan kasih sayang sehingga ibu yang sedang hamil agar tidak stres kemudian mendapatkan asupan makanan bergizi yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Yanieta menjelaskan yang terpenting dari pencegahan stunting bukan hanya mencegah gagal tumbuh pada balita tetapi stunting itu bisa menghambat pertumbuhan otak sehingga berakibat kemampuan berfikir dan motoriknya jauh dibawah anak yang normal.

“Tentunya kita berharap memiliki anak yang aktif, cerdas dan pintar sehingga menghasilkan generasi muda yang berkualitas makanya kenapa stunting itu harus kita cegah, nanti narasumber akan menyampaikan caranya,” kata Ketua TP PKK Kota Pontianak.

Yanieta berharap, talkshow ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta untuk bertanya. “Nanti akan diberikan materi yang sangat berguna dalam proses pengaturan pola makan, pola asuh, sanitasi dan lainnya, bapak dan ibu harus bertanya bagaimana itu berpengaruh dan bisa menyebabkan stunting,” katanya.(iza)

Read Previous

Menyesuaikan Perubahan Struktur OPD Landak

Read Next

Seleksi Direktur PDAM Tirta Raya

Tinggalkan Balasan

Most Popular