Cinta Pancasila Tak Sekadar Simbol

PANCASILA: Kegiatan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Kalbar diikuti 100 pelajar SMA/SMK di Sanggau. IST

Dari Kegiatan Revitalisasi Nilai Pancasila Badan Kesbangpol Kalbar

BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila bagi 100 pelajar SMA/SMK di Sanggau. Kegiatan yang dibuka Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir Kukuh Triyatmaka, berlangsung pada Selasa (27/8) di aula Hotel The Garden Palace Sanggau.

Kepala Badan Kesbangpol Kalbar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Nilai-Nilai Kebangsaan Elisa Simanjuntak SE MM mengatakan bahwa, seiring perkembangan zaman nilai-nilai Pancasila kian beragam disikapi oleh Bangsa Indonesia sehingga mempengaruhi pola pikir dalam menyikapi nilai-nilai kebangsaan. Semangat dan nilai tersebut semestinya sesuai dengan empat konsesus dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menyikapi hal tersebut, sambungnya, diperlukan upaya untuk mengembalikan nilai-nilai luhur pancasila, yang bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab kita bersama.
“Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta yang merupakan generasi penerus bangsa agar dapat lebih mencintai pancasila bukan hanya sekadar simbol tetapi dapat menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Pj. Sekda Kabupaten Sanggau dalam sambutannya mengatakan bahwa Negara NKRI masih berdiri dengan ideologi Pancasila sebagai dasar karena NKRI dibangun dari beraneka ragam budaya, agama, suku dan sebagainya.

Indonesia memiliki keberagaman yang merupakan kekayaan yang dimiliki oleh bangsa. Akan tetapi, kata dia, yang mesti diwaspadai bahwa dengan keberagaman juga bisa menjadi potensi terjadinya konflik baik skala kecil maupun skala besar.

“Demam globalisasi sangat membahayakan apabila kita tidak siap. Generasi muda saat ini harus jadi anak pintar, anak cerdas atau berpikir untuk bisa mandiri harusnya dengan dasar Pancasila,” tegasnya.
Selain berasal dari kesbangpol, narasumber kegiatan juga berasal dari Polres Sanggau dan Kodim 1204 Sanggau. (r/*)

Read Previous

Pergantian Tengah Musim Yang Dinanti

Read Next

Jalur Sengit Wakil Inggris-Spanyol

Tinggalkan Balasan

Most Popular