Cinthia Kusuma Rani, Miss Earth Indonesia 2019

PENOBATAN: Cinthia Kusuma Rani saat dipasangkan mahkota ketika dinobatkan sebagai finalis Miss Earth Indonesia 2019 | Istimewa

Tidak Ada Hasil yang Menghianati Usaha

Berawal dari iseng-iseng Cinthia Kusuma Rani yang akrab disapa Cici ini mencoba peruntungannya di dunia Beauty Pageant. Gadis kelahiran Pontianak 4 November 1997 begitu selesai wisuda Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila dan lulus dengan predikat Cumlaude memutuskan untuk mengikuti audisi Miss Earth Indonesia 2019 yang diselenggarakan di Jakarta.

Bedu dan Afi, Ketapang

GADIS yang bercita-cita ingin menjadi News Anchor ini tidak begitu berekspektasi lebih untuk menjadi pemenang pada saat itu, karna lolos menjadi finalis saja sudah menjadi pengalaman berharga.
Setelah diumumkan menjadi salah satu finalis Miss Earth Indonesia 2019, begitu banyak persiapan yang harus dilakukan Cici mulai dari Evening Gown, National Costume dan persiapan lainnya. Door to door dilakukan Cici untuk mendapatkan sponsor di Kabupaten Ketapang. Alhamdulillah Cici mendapatkan bantuan dari Muhammad Yasir Anshari selaku donatur utama. Sehingga semua persiapan Cici dapat terlaksana dengan maksimal. Sehingga menjadi pemenang Miss Earth Indonesia 2019 dan dikirim ke ajang Miss Earth 2019 yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2019 di Filipina.

Alumni SMA Negeri 1 Kabupaten Ketapang ini, sejak sekolah sudah memiliki passion di bidang lingkungan hidup. Top 7 Puteri Batik Nusantara 2017 ini pernah mendapatkan prestasi sebagai runner up 1 Duta Lingkungan Hidup Kalimantan Barat 2015. Cici juga aktif di organisasi Greenish Pioneer Ketapang bersama teman-teman komunitas lainnya.

Cici aktif meginisiasi kegiatan yang berhubungan dengan Lingkungan Hidup dan mengedukasi ke sekolah-sekolah tentang pentingnya menjaga lingkungan. Seperti slogan yang selalu menjadi pegangannya yaitu “Earth is Our Home, Our Home is Our Responsibility”. Miss Earth adalah kontes kecantikan tahunan bertema lingkungan hidup yang mempromosikan kepedulian dan kepekaan terhadap masalah lingkungan. Kontes ini dibentuk pada tahun 2001 di Filipina. Sejak saat itu, Miss Earth menjadi salah satu kontes kecantikan internasional dengan semboyan Beauties for a Cause.

Pemegang gelar kontes ini menghabiskan satu tahun masa jabatannya untuk mempromosikan proyek spesifik dan sering kali membahas isu-isu tentang lingkungan dan isu-isu global lainnya melalui tur ke berbagai negara, penanaman pohon, kampanye sosial, perawatan terumbu karang, dan yang utama adalah perlindungan orangutan dan permasalahan karhutla yang terjadi di Indonesia,  khususnya di Kalbar.

Serta menghadiri temu media, pameran lingkungan, peragaan busana ramah lingkungan, dan aktivitas bertema lingkungan lainnya.

Ajang Miss Earth dinobatkan sebagai bagian dari “Lima Besar” kontes kecantikan bersama rivalnya Miss Universe, Miss World, Miss International dan Miss Supranational.

“The real definition (Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha). Terima kasih kepada Allah swt atas kesempatan yang telah diberikan,”kata Cinthia.

Lebih lanjut Cici sapaan akrabnya, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Yayasan El John Pageants yang telah mempercayainya sebagai Miss Earth Indonesia 2019. Dan juga untuk kedua orang tua yang telah memberikan doa dan dukungan tiada hentinya. Dan terutama untuk mentor dan team terbaik yang luar biasa hebat dan tak kenal lelah yang telah membantu segala sesuatunya.

Terima kasih kepada Muhammad Qadafi (Manager Utama), Muhammad Yogi Rivaldi (Penasehat dan Bendahara), Muhammad Yoga Rivalda dan Itfan Oemar (Asisten 1 dan asisten 2) , Rudianto (Tata Rias) dan juga terima kasih untuk Aldeo, Fatur dan Yogi Rivaldi dan serta kepada Mata Pensil, Dwi Prayoga, Dwi Prayogi, Rifky Ramadhan yang telah membantunya untuk kostum nasional. (*)

Read Previous

Sambas Miliki SMK Labschool UAD

Read Next

Perjelas Batas Wilayah Taman Nasional

Tinggalkan Balasan

Most Popular