CPNS Ikuti SKD

MENUNGGU: Para pendaftar CPNS di lingkungan Pemerintah Kubu Raya menunggu giliran untuk mengikuti SKD. Ashri Isnaini/Pontianak Post

Para pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintahan Kubu Raya, Senin (17/2) mulai mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dipusatkan di Aula Kantor Bupati Kubu Raya. Meski harus mengantre untuk mengikuti tahapan tes, tampak para peserta tes tertib mengikuti aturan yang telah ditentukan panitia pelaksana.

“Alhamdulillah, dari sesi 1 sampai sesi II, pelaksanaan SKD berjalan aman, lancar dan tidak asa yang telat datang. Hanya saja berdasarkan laporan yang saya dapat ada sekitar 8 orang pendaftar yang tidak hadir,” kata Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kubu Raya, M. Noh Syaiman kepada Pontianak Post, sesaat usai pelaksanaan SKD sesi II CPNS Pemerintah Kubu Raya, Senin (17/2). Lantaran sudah diberikan informasi mengenai sejumlah persyaratan untuk mengikuti tes, termasuk telah diimbau untuk datang lebih awal dari jadwal ujian yang telah ditentukan, M. Nooh pun mengimbau para peserta untuk datang lebih awal. “Tidak ada dispensasi bagi yang datang terlambat, jadi saya imbau semuanya peserta tes bisa datang lebih awal,” tegasnya.

Adapun jadwal tes lanjutnya, dimulai 17 Februari hingga 22 Februari mendatang. Mengingat jumlah peserta tes yang cukup banyak, sementara peralatan yang dimiliki terbatas, kata M. Noh membuat pihaknya mengambil kebijakan untuk melaksanakan tes sebanyak 5 sesi dalam satu hari dan menyediakan sekitar 150 unit komputer untuk pelaksaan tes.

Adapun jumlah pendaftar kata dia sebanyak 4.236 yang terdiri dari tenaga pendidikan atau guru, medis dan tenaga teknis lainnya. Berdasarkan alokasi usulan jumlah ASN yang disetujui Kemenpan, dari 4.236 pendaftar nantinya akan direkrut ssebanyak 227 pengadaan CPNS bagi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. “Dari 227 CPNS terdiri dari formasi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya. namun memang yang paling banyak dibutuhkan yakni formasi bagi tenaga kesehatan dan guru,” ungkapnya.

Pelaksana tes lanjutnya, dimulai pukul 07.00 wib hingga selesai. “Belajar dari pengalaman sebelumnya dalam satu sesi itu waktunya sekitar 1,5 jam dan peserta tes diharapkan bisa datang sekitar 1 jam sebelum tes dimulai, karena sebelum tes ada pengarahan dari panitia pelaksana,” jelasnya. Selain berharap bisa menghasilkan para CPNS terbaik melalui sistem perekrutan yang ada saat ini, M. Noh juga berharap para peserta yang lulus CPNS nanti bisa berkomitmen untuk bertugas sesuai dengan penempatan yang telah ditentukan. (ash)

error: Content is protected !!