DAK Fisik Singkawang Tersalur 75%

djpb

KOORDINASI: Kanwil DJPb berkoordinasi dengan Wali Kota Singkawang terkait evaluasi DAK fisik Kota Singkawang, belum lama ini. | IST

SINGKAWANG—Kota Singkawang tahun ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) fisik sebesar Rp85 miliar dan telah tersalurkan sekitar 75% sampai dengan tahap dua.

DAK Fisik tahun 2019 disalurkan dalam tiga tahap. Tahap pertama  sebesar 25% disalurkan paling lambat tangal 22 Juli. Sementara tahap kedua disalurkan paling lambat akhir Oktober sebesar 45%, dan sisanya disalurkan pada tahap ketiga paling lambat tanggal 16 Desember.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan koordinasi dan evaluasi dana alokasi khusus (DAK) fisik Kota Singkawang, belum lama ini, di ruang Wali Kota Singkawang. Pertemuan dihadiri Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kalbar Edih Mulyadi, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan Kepala Kantor Pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) Singkawang Bustami.

DAK Fisik merupakan dana yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada Pemerintah Daerah untuk mendanai kegiatan fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK Fisik tersebut disalurkan oleh KPPN Singkawang ke Rekening Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang.

Edih Mulyadi menyampaikan, dari sembilan bidang yang disalurkan secara bertahap, seluruh bidang telah menunjukan persentase penyerapan dana di atas 75% dari dana yang telah diterima. Hal tersebut menunjukan seluruh bidang telah siap untuk salur pada tahap dua.

Edih menekankan agar DAK Fisik sungguh-sungguh dimanfaatkan dengan baik, jangan hanya berbasis output. Jajaran Pemkot Singkawang juga diharapkan menjauhi sikap koruptif dalam pelaksanaan DAK Fisik. Selain itu, Edih juga menyampikan Selamat Ulang Tahun yang ke-18 Kota Singkawang.

Tjhai Chui Mie menyampaikan apresiasi Kepala Kanwil DJPb Kalbar atas kunjungannya. Wali Kota Singkawang berharap agar jajarannya mengoptimalkan menyerapan DAK fisik.

“Kota Singkawang membutuhkan dana dalam rangka membangun dan meningkatkan palayanan publik di kota Singkawang. Oleh sebab itu anggaran yang sudah dialokasi oleh pemerintah pusat termasuk DAK fisik harus direalisasikan dengan baik,” pungkas Wali Kota Singkawang. (r/*)

Read Previous

Membela yang ‘Salah’

Read Next

Target Semifinal di Tahun Pertama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *