Damri Buka Rute Putussibau–Pontianak

BERBINCANG: Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Manto berbincang dengan awak bus serta sejumlah penumpang saat pembukaan rute Putussibau – Pontianak, Selasa (23/7) di Terminal Kedamin. ISTIMEWA

PUTUSSIBAU – Perum Damri Cabang Pontianak secara resmi membuka layanan transportasi darat rute Putussibau – Pontianak, Selasa (23/7) pagi. Pembukaan layanan transportasi darat rute ini disambut baik oleh pemerintah daerah.

Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Hulu Abdul Halim mengatakan, kehadiran Bus Damri merupakan salah satu kemajuan daerah, bahkan memang dinantikan masyarakat Kapuas Hulu. Ia mengajak semua pihak dan elemen masyarakat, untuk tetap menjaga dan merasa memiliki Damri. Karena, ditegaskan dia, selain kebanggaan tersendiri, angkutan yang satu ini juga diingatkan dia sebagai aset bersama.

“Terasa mimpi bagi kami, Bus Damri hadir dengan fasilitas luar biasa,” kata Halim, sapaan karibnya.
Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Manto. Menurutnya, kehadiran Damri di Kapuas Hulu merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan harapan dapat lebih bermanfaat. Bus Damri, dijelaskan dia, tidak hanya melayani antarkabupaten/kota dan provinsi, namun juga melayani rute hingga Kuching – Malaysia, dan Brunei Darussalam. “Kita akan upayakan agar rute Damri untuk ke Kuching tidak lagi melewati Entikong, namun bagaimana ke depan bisa lewat PLB Badau,” kata Manto.
Sementara itu General Manager Perum Damri Cabang Pontianak Julianto berjanji akan mengutamakan kenyamanan penumpang, dengan memberikan fasilitas yang baik. “Kami tetap mengutamakan kenyamanan penumpang, sehingga Damri hadir dengan fasilitas memadai, bahkan dilengkapi CCTV demi keamanan penumpang,” kata Julianto.

Dikatakan Julianto, Damri akan menghubungkan semua rute di wilayah Kapuas Hulu. Karena, tak dipungkiri dia bahwa semua rute di Kalimantan Barat hingga ke Malaysia dan Berunei Darussalam juga sudah tersambungkan melalui layanan Damri. Dijelaskan dia bahwa mereka memiliki bus yang memiliki fasilitas lengkap. Hanya saja, diakui dia, selama ini mereka terkadang terkendala infrastruktur jalan dan jembatan.

“Tetapi, apa pun itu, kami tetap berusaha menghubungkan semua rute, termasuk nanti dalam waktu dekat kami juga akan melayani Kabupaten Ketapang,” pungkasnya. (arf)

Read Previous

Pendiri Parit Banjar Mulai Jadi Pertanyaan

Read Next

Pulau Maya Terhubung Jaringan Listrik

Tinggalkan Balasan

Most Popular