Data Keluarga Jadi Acuan Perencanaan Porgram

PONTIANAK-Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan mengatakan, hasil Pendataan Keluarga bisa dijadikan acuan buat menjalankan program yang menyentuh ke masyarakat. Demikian dikatakan usai dirinya didata oleh petugas Pendataan Keluarga, Rabu (7/4).

“Secara keseluruhan pendatan keluarga ini bagus. Dengan adanya data yang akurat akan memudahkan kita untuk membuat satu perencanaan. Saya pribadi menyambut baik kegiatan ini,” ujar Ria Norsan.

Seperti pemberian bantuan keluarga tidak mampu, dipandang dia ke depan acuan dari data keluarga ini bisa digunakan. Sebab dalam Pendataan Keluarga ada banyak item pertanyaan. Mulai dari jumlah keluarga, keadaan rumah tangga, perekonomian hingga ukuran fisik bangunan rumah. Pertanyaan itu sudah dapat menggambarkan keadaan keluarga.

Pemerintah Provinsi Kalbar, mendukung agar Pendataan Keluarga dapat seratus persen tercapai. Iapun memberi imbauan pada masyarakat untuk mensukseskan kegiatan ini. Caranya, dengan memberikan data sejujur-jujurnya pada petugas pendata yang bakal datang ke rumah masing-masing.

Iapun berpesan khusus pada petugas pendata, untuk melakukan tugas ini dengan sabar. Sebab saat berada di lapangan, ada bermacam model masyarakat dihadapi. Seperti Bahasa Indonesia yang kurang fasih. Di Kalbar masih ditemukan. “Ini mau sabar. Jika ada anaknya yang bisa Bahasa Indonesia dapat meminta bantuan ke anak. Tujuannya agar data keluarga ini bisa tercatat,” ujarnya.

Dalam pendataan keluarga, waktu pun tak lama. Sekitar 20 menit selesai. Memang dalam pertanyaan beberapa ada yang menyentuh pada keintiman keluarga. Pesan Norzan, si pendata harus pandai-pandai menanyakan ini pada keluarga yang bakal didata. Orang yang didata juga diminta untuk memberikan jawaban sejujur-jujurnya.

“Petugas pendataan juga sopan. Sehingga saat proses pendataan berjalan lancar,” katanya. Sebagai informasi, pendataan keluarga di hari yang sama, petugas juga telah mendata Ketua DPRD Provinsi Kalbar M Kebing L dan Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.(iza)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!