DD Dialokasikan Cegah Covid–19

PELATIHAN E-HDW: Kegiatan Pelatihan aplikasi Human Development Worker (eHDW), Cluster IV meliputi, Kecamatan Tayan Hilir, Kecamatan Balai, dan Kecamatan Toba, belum lama ini. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

TAYAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPemdes) Kabupaten Sanggau menggelar pelatihan aplikasi Human Development Worker (eHDW), Cluster IV meliputi, Kecamatan Tayan Hilir, Kecamatan Balai, dan Kecamatan Toba, belum lama ini. Kegiatan dipusatkan di Gedung Serbaguna Kecamatan Tayan Hilir diikuti 40 peserta Kader Pembangunan Manusia (KPM). Kegiatan pelatihan e-HDW dibuka oleh Camat Kecamatan Tayan Hilir, Lovianus.

Kementerian Desa Republik Indonesia telah menetapkan prioritas penggunaan dana desa yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Desa, PDTT (Permendesa) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 dan Permendes Nomor 7 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Permendesa Nomor 11 Tahun 2019. Permendesa tersebut mengatur tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, disebutkan bahwa dana desa dialokasikan untuk pencegahan Covid–19 serta pencegahan kekurangan gizi kronis (stunting).

Kepala Bidang Pemberdayaan Desa, Albert Diponegoro Sihotang menyampaikan bahwa pencegahan stunting di pedesaan perlu didukung sistem informasi yang cepat dan akurat.

“Dengan adanya aplikasi eHDW yang diluncurkan Kemendes PDTT RI akan sangat bermanfaat  dalam memfasilitasi data dan tugas manajemen kasus. Dengan demikian dapat diidentifikasi kesenjangan utama dalam pemberian layanan sehingga KPM lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa,” ujarnya.

Albert berpesan kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) agar menyalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah desa, bidan desa serta guru PAUD yang ada di desa. (sgg/sanggau.go.id)

error: Content is protected !!