Deja Vu Oriundi Lippi

Elkeson

GUANGZHOU, – Jam terbang tinggi Marcello Lippi kian mewarnai sepakbola Tiongkok. Terbaru, pelatih timnas Tiongkok itu merekrut Elkeson masuk timnya dengan jalur jadi pemain naturalisasi.

Striker 30 tahun itu merupakan eks pemain Lippi saat melatih Guangzhou Evergrande pada 2012-2014. Striker kelahiran Brasil itu jadi pemain naturalisasi kedua bagi Tim Naga–julukan Tiongkok setelah Nico Yennaris.

Uniknya, semua proses naturalisasi dua pemain itu terjadi pada rezim kepelatihan Lippi sejak kembali dipercaya kembali menangani Tiongkok per 24 Mei 2019. Bedanya, Yennaris sudah mencatatkan dua caps saat beruji coba melawan Filipina (7/6) dan Tajikistan (11/6).

”Elkeson disiapkan Tiongkok untuk dua agenda terdekat. Yakni, ujicoba melawan Myanmar (30/8) dan kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Maladewa (10/9),” tulis Channel News Asia.

Elkeson dan Yennaris bak deja vu bagi Lippi karena dua pemain itu berlabel oriundi-nya Tiongkok. Selama ini, label oriundi melekat kepada pemain Italia yang tidak lahir di Italia. Nah, ketika menangani Italia pada 2004-2006 dan 2008-2010, pelatih 71 tahun itu cukup sering menggunakan pemain yang punya kewarganegaraan ganda. (lihat grafis)

Memang, hanya Mauro Camoranesi dan Giuseppe Rossi pemain yang benar-benar berlabel oriundi selama Lippi melatih Italia. Tapi, Riccardo Montolivo yang ibunya yang orang Jerman dan Christian Vieri yang melewati masa kecil di Australia juga bisa disebut oriundi.

Bagi Elkeson, menerima tawaran memeperkuat Tiongkok membuat kans tampil di Piala Dunia bisa terwujud. Sebab, kesempatannya dipastikan tidak akan pernah datang jika menanti tampil bersama tim samba.

Sebenarnya, dia pernah masuk line up Selecao–julukan Brasil–saat dipanggil pelatih Brasil kala itu Mano Menezes pada leg kedua Superclasico de las Americas melawan Argentina (29/9/2011). Tetapi, Elkeson tidak diturunkan pada pertandingan yang dihelat di Estádio Estadual Jornalista Edgar Augusto Proença itu.

Lebih jauh, dia juga sudah familiar dengan atmosfer sepak bola Tiongkok. Pada 2013-2015 memperkuat Guangzhou Evergrande, kemudian pada 2016-2019 berkostum Shanghai SIPG, dan mulai musim ini

kembali bersama Evergrande. Total, pemain bernama lengkap Elkeson de Oliveira Cardoso itu mencetak 134 gol dari 231 pertandingan di semua ajang bersama South China Tigers–julukan Evergrande.

Tetapi, ada yang istimewa dari Elkeson dibanding Yennaris. Elkeson adalah pemain Tiongkok pertama yang tidak memiliki garis keturunan Tiongkok. Sedangkan dari Tiongkok Yennaris berasal dari ibunya.

”Yennaris bisa dipanggil Li Ke untuk nama Tiongkok-nya. Sedangkan untuk Elkeson adalah Ai Jisen,” tulis Titan Sports Plus. Nama Tiongkok Elkeson lainnnya adalah Ai Ke Sen seperti yang tercantum di Wikipedia. (io)

Read Previous

Dari Ospek Turun ke Hati

Read Next

Sulap Gang Kamboja jadi Destinasi Kampung Batik

Most Popular